6 Minuman yang Ampuh Turunkan Kolesterol!

JABAR EKSPRES – Kolesterol adalah zat lemak yang terdapat dalam aliran darah. Tubuh memerlukan kolesterol agar organ-organ di dalamnya dapat berfungsi dengan baik. Tetapi, kadar kolesterol yang tinggi dapat berdampak buruk seperti meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, berikut ini terdapat 6 minuman yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Untuk mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari melakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, menghindari rokok dan stres, serta melakukan pemeriksaan kolesterol dengan rutin ke dokter.

Namun, terdapat juga beberapa minuman yang bisa dikonsumsi secara aman untuk menurunkan kolesterol. Adapun minuman tersebut terbuat dari bahan-bahan alami. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 4 Faktor yang Sebabkan Orang Kurus Mengalami Kolesterol Tinggi!

Minuman yang Bisa Turunkan Kolesterol

1. Jus Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk nipis mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Tambahan madu dapat memberikan manfaat karena berguna untuk antiinflamasi dan antioksidan.

Untuk mengonsumsinya, siapkan satu jeruk nipis lalu peras dan campurkan dengan satu sendok makan madu, kemudian tambahkan air hangat secukupnya. Minumlah secara teratur setiap pagi untuk hasil yang lebih baik.

2. Jus Tomat dan Wortel

Tomat dan wortel kaya akan likopen dan beta-karoten, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Campurkan beberapa tomat dan beberapa wortel dalam blender, dan minum jus segar ini setiap hari sebagai bagian dari program diet.

3. Air Daun Mint

Mint memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Dengan meningkatkan pencernaan, tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kolesterol berlebih. Rebus beberapa daun mint segar dalam air, biarkan sedikit mendingin, lalu minumlah air daun mint ini secara teratur.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol, Cegah Resiko Penyakit saat Konsumsi Daging Kurban Idul Adha

4. Jus Delima

Jus delima dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi, terutama polifenol, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Minumlah segelas jus delima tanpa tambahan gula secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan