6 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Kanker!

JABAR EKSPRES – Buah pepaya (Carica papaya) memang dikenal dengan rasanya yang manis dan lezat serta memiliki banyak khasiat. Hal ini karena terdapat banyak nutrisi seperti vitamin, serat, hingga enzim yang baik untuk tubuh. Namun, tahukah kamu, tidak hanya buahnya saja melainkan biji pepaya juga punya segudang manfaat.

Saat mengonsumsi pepaya, banyak orang yang membuang bijinya tanpa tahu kandungan baik yang terdapat di dalamnya. Padahal, biji pepaya juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Terdapat kandungan antioksidan seperti senyawa polifenol dan flavonoid yang baik untuk mencegah radikal bebas serta berbagai penyakit lainnya.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut 6 manfaat mengonsumsi biji pepaya secara rutin. Simak dalam ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Ajaib Pepaya, Dari Lancarkan pencernaan Hingga Anti Kanker

Manfaat Biji pepaya

1. Sumber Antioksidan

Biji pepaya mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, dan polifenol. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi biji pepaya, bisa membantu melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas dan mempromosikan kesehatan seluler yang lebih baik.

2. Sumber Serat Alami

Serat adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain buahnya, biji pepaya juga kaya akan serat, yang dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan memelihara kesehatan usus secara keseluruhan.

Mengonsumsi biji pepaya bisa menjadi salah satu bagian dari diet sehat kamu, sehingga membantu mencapai asupan serat harian tanpa makan berlebihan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji pepaya mengandung senyawa fitokimia, seperti flavonoid dan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Fitokimia ini berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi biji pepaya secara teratur,  bisa menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Biji Pepaya Mempunyai Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak

4. Menyokong Fungsi Imun

Keberadaan vitamin dan mineral dalam biji pepaya, seperti vitamin C dan zat besi, membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh agar lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Vitamin C dikenal untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan, sementara zat besi diperlukan untuk menjaga kinerja sel darah merah dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan