5 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol, Cegah Resiko Penyakit saat Konsumsi Daging Kurban Idul Adha

JABAR EKSPRES – Makanan dan minuman penurun kolesterol dinilai penting diketahui sebelum menyantap daging kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha memang nikmat. Akan tetapi, ancaman penyakit kolestrol sebaiknya tidak dianggap sepele.

Seperti diketahui mengonsumsi daging berlebih berpotensi terserang penyakit kolesterol. Tidak terkecuali daging kurban saat Hari Raya Idul Adha. Sehingga kamu perlu tahu makanan dan minuman apa saja penurun kolesterol

Selain itu, dampak penyakit kolesterol jika diabaikan akan menghambat kinerja sistem tubuh. Sehingga konsumsi daging kurban saat Hari Raya Idul Adha harus dilakukan dengan bijak.

BACA JUGA: Tips Mengolah Daging Kurban agar Kolesterol Tidak Naik

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir, karena ada makanan dan minuman yang dinilai dapat menurunkan kolesterol.

Dikutip JabarEkspres.com dari situs Eat This pada Sabtu, 1 Juli 2023, berikut ini adalah lima makanan dan minuman penurun kolesterol.

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

1. Susu Kedelai

Sebagai informasi, kedelai sangat rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu berlemak tinggi dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari kedelai. Jumlah tersebut bisa kamu konsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Otoritas lain merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan atau minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan satu porsi mewakili 250 mililiter susu kedelai.

2. Ketumbar

Ketumbar adalah diuretik yang akan membuang limbah dan bahkan kolesterol berlebih. Selain itu, ketumbar juga dapat menambah rasa dan warna pada makanan.

Ketumbar juga salah satu rempah yang mudah ditemui di Indonesia, bahkan tanamannya pun banyak terdapat di Tanah Air yang mayoritas subur.

3. Jus Jeruk

Berdasarkan hasil penelitian jurnal Lipid In Health and Disease mengungkap mengonsumsi jus jeruk dalam jangka panjang bisa menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Jus jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

Tak hanya itu, pembuatan jus jeruk juga dinilai sangat mudah dan bahan dasarnya banyak ditemukan di mana pun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan