Profil Budi Arie Setiadi, Menkominfo Baru yang Gantikan Johnny G Plate!

JABAR EKSPRESBudi Arie Setiadi resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara pada Senin (17/7/2023).

Presiden Jokowi juga melantik Nezar Patria sebagai Wakil Menkominfo yang mendampingi Budi Arie Setiadi.

Diketahui, Budi Arie saat ini bertugas sebagai Menkominfo dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 menggantikan posisi Johnny Gerard Plate yang terlibat kasus korupsi pengadaan BTS 4 G dan infrastruktur BAKTI Kominfo.

Pelantikan Budi Arie dilakukan dengan merujuk Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Lantas siapa sebenarnya Menkominfo yang baru ini? Berikut profil Budi Arie Setiadi.

Baca Juga: Presiden RI Lantik Budi Arie Setiadi Sebagai Menkominfo Baru

Profil Budi Arie Setiadi

Budie Arie Setiadi merupakan pria berusia 54 tahun yang lahir di Jakarta pada 20 April 1969. Dia dikenal sangat aktif selama menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI).

Selama mengenyam bangku perkuliahan, Budi pernah menjabat sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI tahun 1994 DAN Presidium Senat Mahasiswa UI periode 1994/1995.

Dia juga sempat menjabat sebagai Ketua ILUNI UI Jakarta dari tahun 1998 hingga 2001. Tidak hanya itu, Budi mendirikan Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ) hingga Masyarakat Profesional Indonesia (MPI).

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Budi Arie Selesaikan Proyek Menara BTS

Kiprahnya terus berlanjut hingga mendirikan Keluarga Besar UI bersama para aktivis dan alumni UI saat gerakan reformasi mahasiswa UI tahun 1988. Budi juga menjadi perintis surat kabar di era reformasi yakni ‘BERGERAK’.

Kemudian Budi pernah mengelola Media Indonesia pada tahun 1994 hingga 1996. Dirinya juga turut menjadi bagian awal saat Mingguan Ekonomi Kontan berdiri. Karirnya sebagai jurnalis Kontan berlangsung dari 1996-2001.

Budi akhirnya terjun ke dunia politik pada tahun 2005-2010 sebagai Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta dan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Baca Juga: Mantan Ketua Projo Budi Arie Resmi Dilantik Sebagai Menkominfo

Sebelum masuk dalam jajaran kabinet, Budi mendirikan relawan Pro Jokowi (Projo) pada Agustus 2013 dan merupakan Ketua Umum relawan Projo sejak tahun 2014.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan