Internasional Kissing Day, Ternyata Berciuman bisa Menyehatkan dan Melangsingkan

JABAR EKSPRES – Memperingati Internasional Kissing Day atau hari berciuman sedunia yang jatuh pada hari ini 6 Juli 2023, ada fakta menarik seputar aktifitas berciuman yang ternyata berpengaruh pada kesehatan.

Peringatan Internasional Kissing Day di Indonesia tidaklah semeriah di Luar Negeri yang memang kadang memiliki acara khusus untuk memperingatinya.

Bahkan bagi sebagian masyarakat hal ini masih dianggap tabu karena tidak sesuai dengan norma kesopanan, apalagi bila dilakukan disembarang tempat meskipun sudah pasangan halal.

Berciuman merupakan salah satu cara mengekspresikan cinta, baik untuk pasangan, anak atau orang yang kita hormati dan kasihi. Bentuk-bentuk ciuman disini beraneka macam sesuai dengan siapa melakukannya.

Cinta kepada buah hati biasanya diekspresikan dengan ciuman di kening, pipi atau di dahi, sementara kepada orang yang lebih tua atau yang dihormati biasanya diekspresikan dengan ciuman di tangan. Beda lagi bila cinta terhadap pasangan, bisa jadi mengekspreskikannya dengan ciuman di bibir atau dimulut.

Baca juga : Setelah Video Syurnya Viral, Rebecca Klopper Pernah Juga Berciuman Dengan Junior Roberts?

Aktifitas berciuman ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, baik kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Misalnya untuk kesehatan mental, berciuman bisa meningkatkan mood baik dan menurunkan hormon stres.

Dilansir dari laman Halodoc, berikut beberapa manfaat berciuman untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Mengubah Mood jadi Lebih Baik

Kondisi suasana hati yang tak baik, tentunya akan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Dampaknya membuat kamu menjadi tak produktif.

Saat berciuman, dapat memperbaiki kondisi mood menjadi lebih baik. Sebab, aktivitas ini dapat meningkatkan kadar oksitosin, yang merupakan zat kimia pada otak manusia dan berhubungan dengan kepercayaan dan pembentukan ikatan.

Hormon endorphin dan dopamine yang dikeluarkan setelah berciuman juga ini dipercaya dapat membuat mood menjadi lebih baik.

2. Menurunkan Stres

Stres yang berkepanjangan akan membuat seseorang rentan mengalami depresi. Untuk mengatasi stres, kamu dapat melakukan beberapa cara yang positif yang dapat dilakukan seperti melakukan ciuman romantis dengan pasangan.

Pasangan yang sering berciuman dapat melepaskan hormon kortisol/hormon stres yang tentunya bisa membuat kamu dan pasangan menjadi lebih rileks.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan