Terseret Dugaan Kasus Korupsi BTS, Ini Profil dan biodata Menpora Dito Ariotedjo

JABAR EKSPRES- Profil lengkap Dito Ariotedjo, yang telah dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Presiden Jokowi pada tanggal 3 April 2023, adalah seorang politisi yang saat ini terjerat dalam kasus korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo.

Dalam kasus tersebut, Dito Ariotedjo diduga menerima aliran dana sebesar Rp27 miliar pada bulan November hingga Desember 2022. Pada hari ini, 3 Juli 2023, Dito Ariotedjo telah memenuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi terkait kasus tersebut.

BACA JUGA: Menpora Dito Ariotedjo Terima Cuan Korupsi BTS 4G Kominfo? Kejagung: Keterangan Tersangka, Bukan Hasil Pemeriksaan!

Menurut laporan dari antaranews.com, Dito Ariotedjo menjalani pemeriksaan di Kejagung pada hari Senin, 3 Juli 2023 terkait kasus korupsi BTS Kominfo. Kepala Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung RI, Kuntadi, menjelaskan bahwa Menpora memberikan jawaban yang transparan selama dua jam pemeriksaan oleh penyidik.

Dito Ariotedjo, yang dikenal dengan nama populer Dito Ariotedjo, lahir di Jakarta pada tanggal 25 September 1990. Ia adalah anak ketiga dari Direktur Antam, Arie Prabowo Ariotedjo, dan memiliki seorang kakak perempuan bernama Mesty Ariotedjo, yang merupakan seorang dokter anak sekaligus pendiri start-up Tentang Anak. Ayahnya sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT. Aneka Tambang dari tahun 2017 hingga 2019. Dito Ariotedjo memiliki dua kakak, yaitu Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo.

BACA JUGA: Klarifikasi Tudingan Korupsi BTS Kominfo, Menpora Dito Ariotedjo Singgung Soal Beban Moral sebagai Menteri Muda di Kabinet Presiden Jokowi

Istri Dito Ariotedjo bernama Niena Kirana Riskyana. Pernikahannya dengan sang istri dikaruniai seorang putri. Dito Ariotedjo juga merupakan menantu dari Fuad Hasan Masyhur, yang juga seorang politisi dari Partai Golkar.

Dalam hal agama, Dito Ariotedjo menganut agama Islam. Sebelum menjabat sebagai Menpora, ia pernah bekerja sama dengan Raffi Ahmad dalam mengelola Rans Sport. Nama lengkap Dito Ariotedjo adalah Ario Bimo Nandito Ariotedjo, S.H.

Dalam hal pendidikan, Dito Ariotedjo menempuh pendidikan di Universitas Indonesia. Ia merupakan anggota Partai Golongan Karya (Golkar) dan pada tahun 2021 juga menjabat sebagai Chairman dari Rans Nusantara, perusahaan milik istri Nagita Slavina.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan