8 Langkah Tepat dalam Mencuci dan Membersihkan Ruang Mesin Mobil

JABAR EKSPRES – Mencuci ruang mesin mobil tidak boleh di lakukan secara sembarangan dan harus menggunakan cara yang tepat.

Banyak pemilik mobil yang salah dalam membersihkan ruang mesin dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi, padahal ini sangat tidak di sarankan karena bisa merusak mobil.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui prosedur yang benar dalam mencuci dan membersihkan ruang mesin mobil agar tidak menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda.

Baca juga : BMW M4 Competition Convertible M xDrive Resmi Rilis di Indonesia, Dibanderol Rp 2,6 Miliar

Langkah pertama yang harus di ingat adalah jangan mencuci ruang mesin dengan menyemprotkan air, terutama dengan tekanan tinggi, karena ini berisiko merusak mobil dan sistem kelistrikan.

Anda sebaiknya menggunakan sikat atau kain lap microfiber untuk membersihkan ruang mesin.

Jika perlu menggunakan air, gunakanlah dengan tipis-tipis menggunakan kuas atau kain lap microfiber.

Selain itu, air yang di gunakan untuk mencuci ruang mesin sebaiknya di campur dengan cairan khusus penghilang noda oli, grease, dan debu.

Penggosokan yang tipis-tipis sudah cukup efektif untuk menghilangkan kotoran dari ruang mesin mobil. Pastikan juga tidak menggosok dengan tekanan yang terlalu tinggi.

Perlu di ingat bahwa ruang mesin mobil sangat dekat dengan Electronic Control Unit (ECU) dan komponen ini tidak boleh terkena air karena dapat menyebabkan kerusakan atau kesalahan.

Oleh karena itu, saat mencuci ruang mesin mobil, gunakanlah kain lap untuk membersihkannya saja.

Hal ini juga penting terutama untuk mobil-mobil keluaran terbaru yang di lengkapi dengan banyak sensor, agar menghindari terjadinya gangguan pada sistem kelistrikan.

Selain mencuci, membersihkan ruang mesin juga penting di lakukan. Kondisi yang kotor pada ruang mesin dapat menyebabkan gangguan pada mesin mobil.

Mesin sering terkena debu, oli, dan benda-benda lain yang dapat menempel dan menumpuk di ruang mesin, mengganggu kinerja mesin mobil.

Baca juga : Harga dan Spesifikasi Suzuki Saluto 125 2023, Motor Retro Pesaing Vespa Matic

Oleh sebab itu, perlu di lakukan pembersihan rutin pada ruang mesin mobil dengan hati-hati.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan