Hanya 177 Bacalon DPRD Jabar Lolos Vermin, 1.953 Sisanya Belum Memenuhi Syarat

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah menuntaskan proses verifikasi administrasi (vermin) pendaftaran bakal calon (bacalon) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hasilnya mengejutkan, mayoritas bacalon dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS).

Anggota KPU Jabar Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Endun Abdul Haq, mengungkapkan, bacalon DPRD yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dalam tahap vermin ini hanya 177 bacalon. “Sangat sedikit, banyak yang Belum Memenuhi Syarat (BMS),” jelasnya kepada Jabar Ekspres, Sabtu (24/6)

Padahal, lanjut Endun, jumlah bacalon yang didaftarkan di KPU Jabar mencapai 2.130 bacalon. “Jadi ada 1.953 bacalon yang BMS,” sambungnya.

Endun menguraikan, banyak bacalon yang terpaksa dinyatakan BMS karena masih ada sejumlah berkas yang belum lengkap ataupun belum sempurna. Misalnya persoalan ijazah. Banyak dari copy ijazah yang dilampirkan belum terlegalisir.

Kendati demikian, para bacalon juga tidak langsung gugur dalam mengikuti proses pemilihan umum (pemilu) 2024 nanti. Para bacalon masih memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan.

Jadwalnya pada 26 Juni sampai 9 Juli nanti. Proses pencalonan ini juga masih panjang. Jadwalnya sampai pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) pada 4 November nanti.

Kondisi serupa juga terjadi dalam vermin untuk bacalon Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dari 55 bacalon DPD, hanya 7 yang dinyatakan MS. Sehingga sisanya masih berstatus BMS.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Di Jawa Barat ini total ada 55 bacalon DPD yang mendaftar. Mereka juga terdiri dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari pengusaha hingga kalangan artis.

Dari kalangan artis contohnya Alfiansyah atau yang akrab dikenal dengan nama Komeng. Kemudian ada juga Jihan Fahira, artis yang sempat membintangi sinetron Jin dan Jun sekaligus istri dari Primus Yustisio.

Daftar 55 bacalon DPD yang mendaftar di KPU Jawa Barat adalah, A Irwan Bola, A Taupik Hidayat, Aanya Rina Casmayanti, Abas Abdul Jalil, Aceng Fikri, Ade Kadarisman, Adil Makmur Santosa, Agita Nurfianti, Aji Saptaji, Alfiansyah, Amang Syafrudin, Ambu Usdek Kaniawanti, Andri Perkasa Kantaprawira, Annida Allivia, Arif Rahman Hidayat, Athoillah Mursjid, Biben Fikriana, Budiyanto, Budiyono, Dede Amar, Dedi Rudiansyah.

Kemudian ada Denda Alamsyah, Deni Rusyniadi, Dian Rahadian, Djumono, Edi Kusdiana, Elan Heryanto, Eni Sumarni, Ernawaty Tampubolon, Haidan, Hendrik Kurniawan, Ifa Faizah Rohmah, Imam Solahudin, Imam Sugiarto, Jahenos Saragih, Jajang Kurnia, Jihan Fahira, Muhamad Dawam, Muhammad Murtadloillah, Muhammad Yamin, Mulyadi Elhan Zakaria, Ogi SOS, Ria Sugiat, Rifki Kartini, Robby Maulana Zulkarnaen, Rusdi Hidayat, Saepudin, Sitti Hikmawatty, Sonny Hersona GW, Suratto Siswodihardjo, Suroyo,Tedy Giantara, Wawan, Wawan Dede Amung Sutarya, Yunita Dian Suwandari. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan