Banjir Dahsyat Melanda India, Hampir 500 Ribu Orang Kena Imbasnya

JABAR EKSPRES – Siang tadi, wilayah timur laut India diguncang banjir dahsyat setelah hujan deras membasahi seluruh desa. Lebih dari 495 ribu penduduk terkena dampaknya, tersebar di 22 distrik di negara bagian Assam, seperti yang dilaporkan oleh otoritas manajemen bencana India.

Akibat banjir ini, sekitar 14 ribu orang telah dievakuasi ke kamp-kamp bantuan untuk mendapatkan perlindungan. Hujan lebat yang terus menerus mengguyur wilayah tersebut menyebabkan sungai Beki yang mengalir melalui Assam meluap. Sayangnya, satu orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir ini.

Siaran video dari stasiun televisi lokal memperlihatkan bagaimana penduduk desa dengan berani melintasi air lumpur setinggi leher sambil membawa ternak mereka. Banjir telah menyebabkan rumah, toko, dan mobil terendam air.

Baca Juga: Tim Pencari Kapal Selam Wisata Titanic Sebut Ada Suara Saat Pencarian

Wilayah ini memang sering mendapatkan curah hujan yang tinggi dan banjir selama musim hujan yang berlangsung dari April hingga September di India. Tak hanya itu, beberapa pekan sebelumnya, topan tropis Biparjoy telah melanda pantai barat India, dan sekarang banjir melanda Assam.

Tidak hanya banjir, beberapa bagian di India utara juga dilanda gelombang panas yang tidak ada habisnya. Suhu yang semakin meningkat di negara bagian Uttar Pradesh dan Bihar telah menyebabkan puluhan orang kehilangan nyawa. Pada akhir pekan lalu, suhu mencapai 47 derajat Celsius di beberapa wilayah di negara bagian tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan