Bongkar Fakta Unik, Apakah Hazelnut Itu Kemiri? Jawabannya Mengejutkan!

JABAR EKSPRES – Sebuah video TikTok telah menjadi viral di Twitter karena seorang wanita dalam video tersebut mengungkapkan bahwa hazelnut sebenarnya adalah kemiri. lalu Apakah Hazelnutt Itu Kemiri?

“Dari umur berapa kalian tahu kalau hazelnut itu adalah kemiri, guys? Hazelnut itu nama lain kemiri,” kata wanita tersebut dalam akun TikTok @renareksya, seperti yang di kutip pada Selasa (13/6/2023). Berikut pembahasan Apakah benar faktanya?

Unggahan “Apakah Hazelnut Itu Kemiri?” tersebut segera memicu berbagai reaksi dari para pengguna internet, dengan pendapat yang berbeda-beda terlihat dalam kolom komentar.

Menurut mereka, kacang hazelnut dan kemiri sebenarnya memiliki perbedaan.

Baca juga : Inilah Rahasia Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing dengan Mudah!

Kenyataannya, kacang hazelnut dan kemiri memang berbeda, baik dari segi ilmiah maupun karakteristik, dan penggunaannya. Berikut adalah perbedaannya yang menarik.

Nama Ilmiah

Menurut Plants For A Future, kacang hazelnut dan kemiri memiliki nama ilmiah yang berbeda, yakni hazellnut (Corylus avellana) dan kemiri (Aleurites moluccanus).

Ini jelas menunjukkan bahwa kedua biji ini berasal dari famili yang berbeda.

Bentuk dan Warna

Bentuk fisik keduanya sangat mudah di bedakan.

Hazelnut memiliki cangkang berwarna cokelat gelap dan berbentuk bulat memanjang jika belum di kupas.

Bagian dalam kacang akan melebar di bagian bawah dan meruncing ke atas.

Kemiri yang belum di kupas, terlihat mirip dengan buah pala. Biji kemiri memiliki warna putih keruh dan bentuk yang tidak beraturan.

Kemudahan dalam Konsumsi

Biji kemiri tidak dapat langsung di konsumsi. Biji segar mengandung zat yang mirip dengan minyak puring dan tidak boleh di makan.

Nah, biji ini mengandung sianida, tetapi dapat dikonsumsi setelah di keringkan dan melalui proses pemasakan.

Hazelnut mentah atau yang sudah di panggang dapat langsung di konsumsi dan enak.

Penggunaan

Biji kemiri umumnya di gunakan sebagai bumbu pelengkap dapur untuk menambah cita rasa masakan. Selain itu, kemiri juga bisa di olah menjadi minyak.

Hazelnut dapat di olah menjadi susu nabati yang menjadi bahan utama. Kacang hazelnut biasanya di tambahkan dalam saus salad, kue, dan makanan lainnya.

Tinggalkan Balasan