Lagi, Pemerintah Kota Bandung akan Bangun Kolam Retensi

Jabar Ekspres – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali akan membangun kolam retensi, sebagai upaya penanggulangan banjir di wilayah RW 12 Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna menuturkan, kunjungannya kali ini merupakan respon atas kelurahan masyarakat, yang sering tergenang banjir saat malam hari.

“Kita merespon aspirasi dan masalah masyarakat bahwa di RW 12 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay tadi malam terjadi banjir” kata Ema, 7 Juni 2023.

BACA JUGA: PPDB SMAN 3 Bandung Masih Landai, Hari Pertama Baru 45 Siswa

Terkait penanggulangan Ema mengungkapkan, kolam retensi diyakini mampu mengurangi banjir di wilayah tersebut. Namun hal ini juga harus dibarengi dengan daya dukung dan izin masyarakat sekitar.

“Saya yakin kolam retensi itu akan memberikan dampak yang signifikan, jadi air akan tertahan,” ungkapnya

“Kuncinya ada di masyarakat, untuk berembuk apabila setuju untuk dibangun kolam retensi kita akan segera bekerja melakukan pengerukan sesuai desain,” tambahnya

Namun sebelum proses tersebut rampung, pihaknya akan melakukan antisipasi banjir dengan melakukan peninggian tanggul sungai cilimus. Hal ini sebagai upaya lain, dalam mengurangi banjir di wilayah Babakan.

BACA JUGA: Taman Lalu Lintas, Wisata Edukasi Bandung untuk si Kecil!

Dalam kunjungan ini ditemukan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang telah diserahkan kepada pemerintah. Ini yang kemudian nantinya akan dibangun kolam retensi, sebagai upaya penanggulangan banjir di Kota Bandung

“Tadi kami melihat ada lahan fasos fasum (fasilitas sosial fasilitas umum) yang diserahkan kepada pemerintah. Kita akan cek dan Ciptabintar akan membuat desain untuk kolam retensi,” pungkasnya (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan