Resep dan Cara Membuat Bakso Malang Asli

JABAR EKSPRES – Siapa yang bisa menolak kenikmatan sepiring bakso yang lezat? Salah satu varian bakso yang paling terkenal dan menggugah selera adalah Bakso Malang Asli.

Dengan cita rasa khas dan tekstur yang kenyal, bakso Malang telah menjadi makanan favorit di kalangan pecinta kuliner di seluruh Indonesia.

Asal-usul bakso Malang dapat di telusuri ke kota Malang, Jawa Timur.

Baca juga : Jangan Terlewat! Ini 12 Kuliner Tak Terlupakan di Bandung

Warisan kuliner ini memiliki sejarah panjang dan terus menjadi daya tarik bagi wisatawan kuliner yang ingin merasakan cita rasa autentik dari bakso Malang.

Kombinasi unik antara daging sapi yang lembut, tepung tapioka yang lezat, serta bumbu-bumbu pilihan, membuat bakso Malang memiliki ciri khas yang sulit di tiru.

Untuk mengungkap rahasia resep bakso Malang asli yang sempurna, berikut adalah beberapa bahan dan langkah-langkah yang di perlukan :

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi cincang halus
  • 150 gram tepung tapioca
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional)
  • Es batu secukupnya

Cara membuat

1. Dalam sebuah wadah, campurkan daging sapi cincang, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica bubuk, kecap manis, minyak wijen, dan kaldu bubuk (jika menggunakan).

2. Uleni adonan dengan tangan hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan es batu sedikit demi sedikit saat menguleninya untuk menjaga kekenyalan adonan.

3. Setelah adonan tercampur dengan baik, diamkan dalam lemari es selama 30 menit hingga adonan mengeras.

4. Setelah istirahat, ambil sejumput adonan bakso dan bulatkan dengan tangan hingga membentuk bola. Ulangi langkah ini hingga adonan habis.

5. Didihkan air dalam panci besar. Setelah air mendidih, masukkan bakso satu per satu ke dalam air mendidih. Masak hingga bakso mengapung dan matang secara merata.

6. Selanjutnya, Angkat bakso dengan saringan atau sendok berlubang besar, dan tiriskan dari air.

7. Bakso Malang asli siap di sajikan dengan kuah kaldu yang gurih, mie kuning atau mie bihun, serta di tambahi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng sebagai hiasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan