Hari Kebangkitan Nasional di Tengah Kasus Korupsi Johnny G Plate, Paradoks Menyedihkan!

JABAR EKSPRES – Kasus korupsi Johnny G Plate masih menyita perhatian publik hingga saat ini.

Di satu sisi, kita sebentar lagi bakal memperingati Hari Kebangkitan Nasional, lebih tepatnya pada 20 Mei 2023. Sayangnya, hari peringatan itu berada dalam atmosfer kasus korupsi Johnny G Plate.

Kasus tindak pidana korupsi (tipikor) Johnny G Plate dan Harkitnas tentu merupakan semacam paradoks.

Bagaimanapun, bagaimana bisa kita menjalankan tema hari peringatan itu, ‘Semangat untuk Bangkit’ sementara kasus korupsi justru seakan makin deras terjadi?

Kita sepakat bahwa korupsi bukanlah suatu hal yang bisa membangkitkan bangsa Indonesia. Justru sebaliknya.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Johnny G Plate, Anggaran Negara Dikorupsi 80 Persen hingga Proyek yang Terbengkalai!

Korupsi Merupakan Racun bagi ‘Semangat untuk Bangkit’

Berikut ini merupakan alasan mengapa korupsi merupakan racun bagi tema Hari Kebangkitan Nasional, ‘Semangat untuk Bangkit’.

Dengan kata lain, korupsi memiliki dampak yang besar bagi perkembangan maupun pertumbuhan sebuah bangsa, dilansir dari Transparency International UK.

Transparency International UK menjelaskan bahwa praktik korup merupakan penyebab utama atas konflik-konflik mematikan dalam sebuah bangsa.

Selain itu, dampak paling mengerikan dari korupsi adalah melanggengkan kemiskinan, melanggengkan ketidaksetaraan, dan melanggengkan ketidakadilan.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris David Cameron pernah menggambarkan bahwa korupsi merupakan “musuh terbesar bagi kemajuan di zaman kita sekarang,”.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Johnny G Plate, Mahfud MD: Tingkatkan Penegakan Hukum Kalau Sudah Ada Dua Bukti!

Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa korupsi merupakan penghambat paling besar atas prospek perkembangan dan pertumbuhan sebuah bangsa.

Nah, mari kita sangkutkan persoalan-persoalan di atas itu dengan misi yang hendak dibawa oleh Hari Kebangkitan Nasional.

Berdasarkan Surat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Nomor 241/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2023, pemerintah telah mengusung tema ‘Semangat untuk Bangkit’ untuk Hari Kebangkitan Nasional tahun sekarang, dilansir dari situs resmi InfoPublik.

Jadi, Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 ini mencoba mengajak kita untuk menumbuhkan semangat dan kekuatan guna merengkuh masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan