Bocoran Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTBK dan SBMPTN 2023 Lengkap

JABAR EKSPRES – Kami akan memberikan informasi mengenai bocoran soal UTBK 2023 dan kunci jawaban lengkap beserta kisi-kisi SBMPTN 2023 yang dapat dipelajari oleh peserta.

Peserta disarankan untuk berlatih mengerjakan contoh soal latihan sebagai persiapan menghadapi UTBK SNBT 2023 yang diselenggarakan mulai hari ini, Senin 8 Mei 2023.

Pelaksanaan UTBK SNBT 2023 terdiri dari dua gelombang, yakni gelombang pertama pada tanggal 8-14 Mei 2023 dan gelombang kedua pada tanggal 22-28 Mei 2023.

Materi tes UTBK 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya, yang lebih menekankan pada pengukuran potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris melalui Tes Potensi Skolastik (PTS) dan Tes Literasi.

SNBT 2023 tidak lagi memfokuskan pada hafalan, melainkan pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Lantas apa saja bocoran soal UTBK 2023 dan kisi kisi SBMPTN 2023?

Materi, contoh soal dan kunci jawaban UTBK SBMPTN 2023

BACA JUGA: Kunci Jawaban Soal TOEFL Lengkap dengan Pembahasan Terbaru 2023

Materi yang diujikan dalam SBMPTN 2023 terdiri dari beberapa komponen

  1. Tes Potensi Skolastik atau TPS

Tes Potensi Skolastik atau TPS yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa serta kemampuan daya nalar dan kritis dalam menghadapi fenomena sehari-hari. Kisi-kisi soal TPS mencakup komponen Penalaran Umum, Tes Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan Umum, Pemahaman Umum, serta Kemampuan Membaca dan Menulis.

  1. Penlaran Matematika

Komponen terakhir dalam SBMPTN 2023 adalah penalaran matematika, yang akan mengukur kemampuan peserta dalam berpikir berdasarkan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang dinilai berdasarkan pemahaman, penggunaan, pengevaluasian, refleksi, dan penyelesaiannya melalui soal bahasa

Berikut adalah contoh soal UTBK 2023 dan SBMPTN 2023 yang dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Kunci Jawaban Psikotes dan Contoh Soal untuk Latihan di Rumah

Contoh Soal Potensi Kognitif UTBK 2023

Lima sekawan Sano, Joko, Adi, Rimba, dan Ratu selalu semangat berangkat bersama menuju sekolah. Joko selalu menjemput Sano, setelah ia dijemput oleh Adi. Rimba menjadi anak terakhir yang dijemput. Sementara rumah Ratu terletak di antara rumah Joko dan rumah Adi. Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah …

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan