Intip Penghasilan Perusahaan Dua Raksasa Apple Vs Microsoft

JABAR EKSPRES- Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan 2 perusahaan besar di industri teknologi, Apple vs Microsoft. Ternyata, keduanya memiliki sejarah saling bersaing dan saling membantu.

Kehadiran Dua Raksasa Apple lahir di tahun 1976, didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak, sedangkan Microsoft di tahun 1970, didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen. Meskipun bergerak di bidang yang sama, keduanya memiliki perbedaan, di mana Apple awalnya adalah perusahaan pembuat komputer, sedangkan Microsoft pembuat software.

Besar dari Hasil Curian Inovasi teknologi Apple membuat banyak orang terkagum dengan mereka, salah satunya karena kehadiran inovasi barunya bernama Lisa, dengan teknologi graphical user interface (GUI). Teknologi itu adalah hasil curian Steve Jobs dari Xerox yang menemukan GUI dan mouse lebih dulu. Namun, Apple menjadi lebih terkenal dari pada Xerox.

Microsoft pun tidak mau kalah dengan Apple. Bill Gates membujuk Steve Jobs untuk mengajak mengalahkan IBM (International Business Machines Corporation). Hal ini dilakukannya demi mendapatkan rahasia teknologi Apple, dan membuat software baru bernama Windows untuk menyaingi Macintosh milik Apple.

Microsoft Pernah Selamatkan Apple Pada 1985, Apple sempat ditinggal oleh Steve Jobs, hal ini menyebabkan Apple saat itu mengalami masa suram. Pada 1997, Steve Jobs kembali bergabung dengan Apple. Saat itu, Microsoft juga menyelamatkan Apple dengan membeli sahamnya senilai $150 juta atau Rp2,22 triliun.

Dari sisi pendapatan, Apple mengungguli Microsoft. Pada Kuartal IV 2022 kemarin, Apple membukukan pendapatan sebesar $90,1 miliar, sedangkan Microsoft sebesar $16,74 miliar. Pendapatan Apple pada akhir kuartal tahun lalu terbanyak berasal dari penjualan komputer mereka, Mac. Untuk Microsoft, penjualan terbanyak mereka berasal dari segmen cloud.

Market capitalization Apple adalah sebesar $2,59 triliun atau Rp38,09 kuadriliun. Sedangkan, market capitalization Microsoft adalah sebesar $2,20 triliun atau Rp32,35 kuadriliun.

Dari hasil paparan di atas, Kamu bisa menengamati sendiri tentang penilaian pdua perusahaan rasksasa. yakni Apple vs Microsoft.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan