Cerita Arafa Tea, Hadirkan Teh Premium untuk Negeri

JABAR EKSPRES – Ingin menggelorakan teh premium untuk negeri sendiri menjadi pemicu semangat bagi tim Arafa Tea dalam menghadirkan rumah produksi teh di Bandung.

Sebagaimana diketahui, teh menjadi salah satu minuman pelepas dahaga yang sudah banyak dinikmati masyarakat. Tetapi, belum banyak masyarakat yang tau bahwa teh itu memiliki beberapa tingkatan kualitas dan jenis.

Ifa, salah satu tim rumah produksi Arafa Tea Bandung mengungkapkan, teh itu ada yang memiliki kualitas premium dan kualitas biasa.

Teh premium biasanya daun teh pilihan yang memang sudah disortir sejak dari kebun teh.

“Kebanyakan teh https://jabarekspres.comyang beredar di masyarakat saat ini bukan kualitas premium,” katanya kepada Jabar Ekspres, Senin 10 April 2023.

Ifa melanjutkan, di sisi lain, Jawa Barat dan khususnya Bandung juga memiliki kebun teh yang berkualitas.

Sangat disayangkan jika masyarakat tidak bisa menikmati teh kualitas premium yang dihasilkan tanah air sendiri.

Karena itulah, ia bersama timnya sengaja hadir untuk memproduksi teh khusus yang memiliki kualitas premium.

“Ingin hadirkan teh premium untuk negeri sendiri,” jelasnya.

Ifa bersama tim kemudian berkolaborasi dengan para petani teh di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

“Kami edukasi juga untuk bisa menghasilkan dan memilah teh premium,” tuturnya.

Teh premium itu kemudian diolah dan dipasarkan. Olahan teh itu juga beragam. Ada yang dijual produk teh murni seperti teh putih, teh hitam, atau greentea. Ada juga yang dipadukan dengan aneka rempah lain. Bahkan, teh itu juga diolah menjadi aneka makanan dan kosmetik.

Teh putih biasanya memanfaatkan daun teh yang bagian pucuk. Biasanya produksinya kecil karena memang hanya memanfaatkan bagian pucuk.

Sedangkan teh hijau adalah memanfaatkan daun teh muda yang pengolahaannya dengan cara dikukus. Sementara teh hitam adalah, daun teh yang cara pengolahannya dengan difermentasi.

Menurut Ifa, teh premium yang dihasilkannya itu kini juga mulai banyak digemari masyarakat. Bahkan, teh–teh itu juga telah tembus ke pasar timur tengah.(mg3)

Tinggalkan Balasan