Rawan Macet saat Arus Mudik Balik Lebaran, Dishub Sediakan 15 Pos Pengamanan

JABAR EKSPRES – Sebagai upaya untuk melancarkan arus mudik-balik Lebaran 2023, Dinas Perhubungan Kota Bandung, lakukan pemetaan terkait wilayah yang rawan kemacetan.

Pada titik tersebut, nantinya akan didirikan Pos Pengamanan (Pospam), sebagai bentuk upaya pengendalian arus lalu lintas.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dalops), Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara menuturkan, lima belas pospam nantinya akan didirikan, di wilayah yang dinilai rawan kemacetan.

“Dishub Kota Bandung bersama jajaran samping, sudah memetakan sekitar 15 titik Pospam angkutan lebaran. nantinya akan di ploting petugas untuk melakukan pengaturan dan pengawasan arus lalin” ujar Asep Kuswara kepada Jabar Ekspres, Senin 10 April 2023.

Lima belas pospam tersebut nantinya bakal didirikan di wilayah Cikapayang, PVJ, Paskal 23, Terminal Ledeng, GD. Merdeka, Simpang Dago, Gedung Sate, Yogya/Kepatihan, TSM, Ujungberung, Pospam MIM, Gerbang Tol Buah Batu, Pospam Bunderan Cibiru, Term Leuwipanjang, Cicaheum.

Masih dikatakannya, lima belas wilayah tersebut merupakan daerah rawan terjadinya kemacetan. Maka dari itu, rencananya pada saat pelaksanaan nanti tiga petugas bakal mengisi setiap pospam

Dengan pembagian waktu kedalam dua shift, dan nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan menjelang puncak arus mudik.

“Personil Dishub Kota Bandung akan di plotting pada H-7 s/d H+7 di pospam tersebut, yang dibagi kedalam 2 shift. Yaitu pada saat jam 07.00 sampai jam 14.00 dan shift kedua jam 14.00 sampai jam 21.00. Nanti setiap shift bakal diisi 3 orang personil” katanya.

Jika terjadi kepadatan di berbagai penjuru Kota Bandung, tak menutup kemungkinan pihaknya akan memberlakukan penutupan di area ring satu, jelang Hari Raya Idul Fitri.

“kami juga sudah menyiapkan skema penutupan jalan di ring 1 (pusat kota bandung) apabila di rasa perlu dilakukan. tentunya sesuai arahan dari Polrestabes Kota Bandung” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan