Jaga Ketersediaan Kepokmas Jelang Lebaran 2023, Polda Jabar Awasi Praktik Penimbunan

JABAR EKSPRES – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) terus melakukan pemantauan terhadap penyaluran sejumlah bahan pokok di masyarakat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebut sebagai bentuk antisipasi dari terjadinya praktik penimbunan barang yang berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan jika menemukan barang yang tidak baik atau mencurigakan, maka segera laporkan kepada pihak kepolisian terdekat,” ucapnya, Senin 10 April 2023.

Sementara Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jabar, Kombes Pol Deni Oktavianto menambahkan bahwa berdasarkan hasil pantauannya pada Sabtu 8 April 2023 di Pasar Sederhana Kota Bandung, jumlah ketersediaan bahan pokok masih terbilang aman.

“Saya melihat langsung di lapangan terkait keamanan, barang pangan aman, semua  dikonsumsi dalam keadaan segar,” ujarnya

Meski begitu, Deni mengaku bahwa pihaknya akan terus memastikan terkait ketersediaan bahan pokok hingga lebaran nanti.

Bahkan pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan beberapa daerah yang kondisi bahan pokoknya tengah mengalami surplus.

“Misalnya bawang merah kurang, kami akan berkoordinasi dengan Brebes (Jawa Tengah), telur kurang koordinasi dengan Blitar yang daerahnya surplus, daging kurang koordinasi dengan Lampung. Jadi pokoknya kami akan berkoordinasi dengan daerah-daerah penghasil pokok itu,” pungkasnya

Sebelumnya, Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan (Dispantan) Kota Bandung bersama tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri dan Polda Jawa barat (Jabar) terus pastikan ketersediaan kondisi kebutuhan pokok di masyarakat (kepokmas).

Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gingin Ginanjar menyebut ada beberapa harga kebutuhan pokok yang dinilai telah mengalami kenaikan.

“Beras stabil harganya masih di bawah HET (harga eceran tertinggi), kemudian minyak ada beberapa tadi Minyakita ada yang Rp 14.000 tetapi dijualnya di atas HET, mungkin oleh satgas nanti akan ditindaklanjuti,” ucapnya di Pasar Sederhana Kota Bandung, Sabtu 8 April 2023.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan