Kolam Retensi Cisanggarung Diyakini Mampu Cegah Banjir

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kembali meresmikan Kolam Retensi Cisanggarung di kelurahan Pasir Impun, Kecamatan Mandalajati, Selasa 14 Maret 2023. Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam meredam daerah potensi banjir di Kota Bandung.

Kolam Retensi ini memiliki kapasitas dengan luas 2.280 meter persegi, dan luas lahan sebesar 1,2 hektar. Selain itu, tempat ini mampu menampung debit air sebanyak 8.000 meter kubik.

Yana menyambut baik adanya Kolam Retensi Cisanggarung ini. Dirinya menuturkan, ini merupakan salah cara Pemkot Bandung untuk mencegah daerah-daerah yang berpotensi terdampak banjir,  khususnya di wilayah Kecamatan Mandalajati.

“Selain upaya mencegah banjir. Hal ini juga agar tempat ini bisa menampung air, yang nantinya menaikan muka air tanah di Kota Bandung tentunya,” kata Yana di sela-sela peresmian.

Dengan lahan yang luas dan upaya penghijauan, Yana optimis, tempat ini bisa menjadi salah satu ruang publik baru di Kota Bandung. Namun dirinya berpesan, seluruh pihak dapat menjaga fasilitas ini, agar tetap nyaman di kunjungi oleh masyarakat Kota Bandung.

“Dengan terbangunnya tempat ini, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dan utamanya bisa mencegah banjir di titik-titik yang sering terdampak yaitu Kecamatan Arcamanik dan Cingised,” paparnya.

 

Kota Bandung Miliki 10 Kolam Rentesi

 

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebut kini Kota Bandung sudah memiliki total 10 Kolam Retensi. Selain itu juga, Kolam Retensi  Cisanggarung ini diperuntukan untuk meminimalisir daerah di sekitar kawasan, yang sering terdampak banjir.

“Teman-teman kewilayahan tadi memberikan pernyataan. Kaya Camat Arcamanik, dia bilang semenjak ada ini kemarin daerahnya terus di guyur hujan tapi tidak banjir,  dan sekarang sudah mulai berkurang,” kata Didi.

Selain kolam retensi, upaya pemerintah dalam hal menanggulangi banjir dan mengelola air antara lain membuat sumur imbuhan. Rencananya proyek ini akan di kerjakan dalam waktu dekat.

“Cisanggarung ini kita kerjakan pada tahun 2022. Rencana kedepan kita sedang mempersiapkan kolam retensi lain yaitu di daerah Margahayu Raya,” tandasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan