Gagal Jaga Stok Beras Medium! Jelang Ramadan, Ketersediaan Hilang di Pasaran

BANDUNG – Pemkot Bandung tampaknya gagal menjaga stok beras medium yang mulai menghilang di pasaran menjelang Ramadan 2023.

Padahal, pemkot memastikan stok beras medium yang menjadi kebutuhan warga terjamin jelang Ramadan hingga Idul Fitri mendatang.

Namun fakta di lapangan berbeda. Di pasar Induk, Gedebage, Kota Bandung misalnya, para pedagang sudah tidak memiliki stok beras medium tersebut.

Menurut salah satu pedagang, Heri (40), pendistribusian beras medium biasa dilakukan dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari. Namun, sudah seminggu pihaknya tidak mendapat kejelasan terkait kapan barang tersebut tersedia.

“Biasanya paling cepat 2 hari dikirim, tapi kadang 3 hari. Itu 1 hari aja langsung habis. Sekarang sudah hampir seminggu enggak ada kiriman, katanya kosong, belum tahu kapan adanya lagi,” ujar Heri saat ditemui Jabar Ekspres, Selasa (14/2).

Menurutnya, beras medium menjadi primadona bagi masyarakat sekitar. Selain kualitas yang hampir sama dengan beras lokal, harganya sangat terjangkau untuk seluruh kalangan.

“Beras itu suka dicari, makannya saya suka batasi minimal 50 kilogram, karena banyak peminatnya. Harga cuman Rp 9.450, jadi termasuk murah,” kata Heri.

Hal tersebut mengacu pada peraturan yang dikeluarkan pemerintah, terkait ketetapan harga penjualan beras medium yang tidak boleh dijual melebih harga Rp 9.450 per kilogram.

Tidak tersedianya beras medium, menjadi faktor naiknya  harga beras lain. Menurut Heri, saat ini merupakan tahun paling parah terkait kenaikan harga beras.

“Sekarang bukan lagi naik, tapi ganti harga. Selama 20 tahun saya jualan, tahun ini paling parah. Bisa sampe Rp 2.000 lebih naiknya. Biasanya Rp 9.000 per kilo, sekarang bisa sampe Rp 11.500,” tandasnya.

Pemkot Jamin Stok Beras Medium Aman tak  Sesuai Fakta

 

Dikutip dari laman bandung.go.id, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menyebut, pihaknya meluncurkan Beras Medium Stabilisiasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) kepada para pedagang di pasar. Total sudah 750 ton Beras Medium SPHP digelontorkan untuk menekan kenaikan harga beras di Kota Bandung.

Sehingga Elly memastikan stok beras di Kota Bandung dalam kondisi yang aman dan mencukupi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan