4 Cara Atasi Nomor HP Yang Sudah Jadi Kontak Darurat Pinjol Ilegal, Mudah!

JABAR EKSPRES -Kehadiran pinjol legal atau pinjaman online ilegal di Indonesia sudah mencapai tingkat yang cukup memprihatinkan.

Hal ini dibuktikan dengan upaya terus menerus pemerintah Indonesia untuk membasmi pinjaman ilegal dan mensosialisasi masyarakat melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Salah satu alasan pemerintah bersedia menghapuskan layanan ini adalah hilangnya banyak pinjaman ilegal yang dikenakan kepada para korban.

Namun, tidak jarang tidak hanya korban penipuan pinjaman yang menderita kerugian, tetapi juga mereka yang telah mendaftar ke layanan konseling menderita kerugian dari debt collector jahat.

Beberapa platform peminjaman ilegal seringkali menghubungi nomor ponsel yang terdaftar sebagai kontak darurat jika nasabah yang bersangkutan tidak mampu melunasi utangnya.

Debt collector yang tugasnya menagih utang tidak segan-segan menelepon berulang kali dan meneror kontak darurat nasabah pinjol ilegal.

Atau bahkan ditemukan banyak orang dari platform pinjaman ilegal menyebarkan pesan berantai yang berisi konten untuk memburu peminjam.

Melihat dari berbagai sumber Untuk mengatasinya, dan menghindari ketakutan dari debt collector ilegal bagi orang-orang yang tidak mengetahui nomor ponselnya terdaftar sebagai kontak darurat. Bisa lakukan cara ini.

Penasaran? Mari kita lihat langkah selanjutnya.

BACA JUGA: Cek 3 Aplikasi Pinjol Cepat Cair Update OJK Februari 2023, Limit Rp5 Juta Dengan Tenor 120 Hari! Bukan Ilegal

  1. Blokir Nomor Debt Collector

Cara nomor satu untuk menangani nomor ponsel yang terdaftar sebagai kontak darurat kredit penipuan adalah dengan memblokir nomor agen penagihan.

Jika sudah terlanjur takut dengan oknum kolektor, baik melalui telepon maupun melalui pesan WhatsApp.

Kemudian Anda bisa memblokir nomor tersebut agar tidak bisa dihubungi.

  1. Hubungi Call Center

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pusat panggilan.

Tidak jarang menemukan bisnis yang masuk dalam daftar pinjaman ilegal tetapi masih memiliki call center yang dapat Anda hubungi.

Oleh karena itu, hubungi pusat panggilan perusahaan dan coba hapus nomor ponsel Anda dari daftar kontak darurat Anda.

  1. Ganti Kartu Sim

Dengan begitu, dengan mengganti kartu SIM, Anda juga bisa mengatasi masalah nomor ponsel yang terdaftar sebagai kontak darurat pulsa ilegal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan