Tips Amankan Akun Mobile Banking Ketika Handphone Hilang

Jabarekspres – Ketika kehilangan Handphone, sebagaian orang akan merasa panik. Sebab, di dalam handphone bisanya tersimpan berbagai data penting, termasuk data akun mobile banking.

Rasa kekhawatiran itu, cukup beralasan, sebab handhone yang sudah berpindah tangan itu, takut dibobol oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk itu, jika kejadian kehilangan Handphone ini terjadi, maka ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar data perbankan tetap aman.

Untuk melakukan pembobolan rekening Mobile Banking sendiri sebetulnya sangat sulit. Sebab, beberapa aplikasi Mobile Banking sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pengamanan yang canggih.

Fitur keamanan yang dimiliki Super Apps Brimo misalnya. Aplikasi Perbankan ini sudah dilengkapi dengan finger print. Sehingga, tidak bisa dibobol oleh siapapun.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan nasabah untuk mengamankan mobile banking agar rekening tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengtakan, Financial Super Apps BRImo sudah dilengkapi dengan sitem pengamanan yang berlapis dan kuat.

Kendati begitu, nasabah juga nasabah juga haru melaporkan kejadian kehilangan handphone tersebut ke kontak BRI di nomer 14017/1500017 yang siap melayani selama 24 jam non stop.

‘’Ini penting dilakukan agar pihak bank bisa turut mengantisipasi penyalahgunaan BRImo oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,’’ ujar dia.

Selain itu, nasabah juga harus melakukan penggantian password email, sosial media dan aplikasi penting lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran data pribadi.

BRI juga sudah menyediakan layanan Call Center yang bisa dihubungi kapan saja. Sehingga beberapa aduan dapat dimitigasi dengan baik. Seperti menon aktifkan rekening untuk sementara.

Untuk itu, BRI selalu berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang cepat sehingga risiko-risiko seperti saldo dibobol dapat diminimalisir.

Selain layanan Call center, BRI juga memiliki asisten virtual berteknologi Artificial Intelligence (AI) “Smart BRI New Assistant” atau “Sabrina”.

Sabrina ini merupakan customer service virtual di mana nasabah bisa menyapa dan mengajak Sabrina berbicara melalui beberapa channel.

Sabrina meayani nasabah melalui media sosial di antaranya Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina bisa diakses melalui akun Bank BRI yang dimiliki nasabah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan