Demokrat Usulkan Deklarasi Anies Baswedan Segera Dilakukan pada 2023

JAKARTA –  Partai Demokrat rencanannya akan segera merlakukan deklarasi untuk mengusung Anies Baswedan untuk menjadi Calon Presiden 2024.

Rencana ini akan dilakukan setelah melakukan koordinasi dan rapat bersama Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergabung ke dalam koalisi perubahan.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keteranggannya, Minggu (8/1) membahasnya mengatakan, untuk lakukan deklarasi ini, koalisi perubahan sedang mencari formula dan strategi untuk memenangkan Pilpres 2024 nanti.

‘’Salah satu yang dibahas yakni pendamping Anies, bakal calon wakil presiden (bacawapres) hingga momentum deklarasi Anies,’’ kata Herzaky.

Pembahasan akan membuat keputusan, apakan deklarasi dulu atau sekaligus dengan menentukan Capres dan Cawapresnya.

Hal ini dilakukan mengingat pada pemilu 2024 nanti memiliki kondisi dan sistem berbeda jika dibandingkan dengan pemilu 2024.

Pada Pemilu 2019, masa kampanpanye diberikan lebih panjang  selama 8 bulan. Sedangkan pemilu 2024 masa kampanye hanya 75 hari.

Untuk itu kondisi ini menjadi salah satu pertimbangan suntuk dilakukan pembahasan bersama koalisi perubahan. Sebab, ketika pemilu 2019 Capres dan Cawapres bisa diumumkan di akhir yang bisa jadi element of surprise.

Dia menilai, untuk melakukan kampanye  dengan waktu 75 hari dirasakan tidak akan cuku. Sebab Wilayah Indonesia sangat luas.

Untuk itu, agar masa kampanye menjadi efesien, pihaknya harus sosialisasi intens dengan seluruh rakyat Indonesia.

“Indonesia ini sangat luas. Bukan seperti Jakarta yang jarak tempuhnya sejauh-jauhnya 2-3 jam saja, dan akses informasinya terbilang cepat dan luas. Perlu sosialisasi intens dengan seluruh rakyat Indonesia,” kata Herzaky.

Sementara itu, Partai Demookrat masih menaruh harapan besar dengan menyandingkan Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) dengan Anies Baswedan.

Diusungnya AHY menjadi pendamping Anies, merupakan aspirasi dari seluruh kader partai demokrat yang akan tampil All Out memenakan kedua pasangan itu.

Herzaky menilai, AHY merupakan representasi generasi muda yang mengusung konsep perubahan. Sehingga AHY sangat pantas disandingkan dengan Anies sebagai Cawapres.

Kendati begitu, untuk mewujudkan ini, Partai Demokrat akan melalkukan pembahasan bersama partai yang tergabung ke dalam Koalisi Perubahan. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan