Cari Lowongan Kerja Fotografer Freelance? Kunjungi 7 Situs Ini

JABAR EKSPRES – Cari Lowongan kerja Fotografer Freelance? Perkembangan teknologi yang semakin canggih seharusnya kita tak perlu khawatir lagi untuk mencari lowongan kerja Fotografer Freelance.

Sebagai seorang Fotografer Freelance, sebenarnya Anda tak perlu bersusah payah mencari lowongan kerja. Kita bisa memotret objek apapun dan menjualnya ke internet melalui situs-situs penyedia foto  terpercaya di seluruh dunia.

Manfaatkan sebaik mungkin kamera yang kamu miliki seperti kamera SLR, DSLR, rangefinder, bahkan kamera ponsel. Kamera ponsel jenis apapun juga bisa kita gunakan, namun dianjurkan untuk menggunakan ponsel yang memiliki fitur kamera dan editing foto berkualitas.

Mengenai skill dan teknik fotografi, Anda bisa belajar secara otodidak dari internet. Misalnya, dengan menonton video tutorial di youtube, membaca artikel, atau melihat unggahan foto-foto menarik yang ada di instagram.

Lowongan kerja Fotografer Freelance bisa kamu buka sendiri tanpa harus mencari di teman, kerabat, sosial media atau internet. Berikut adalah situs yang bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan sebagai Fotografer Freelance.

7 Situs penjualan foto untuk Fotografer Freelance

  1. Istockphoto.com

Apabila Anda mempunyai banyak karya foto-foto yang terbilang berkualitas, maka Anda wajib bergabung di situs Istockphoto.com. Untuk pemula biasanya akan mendapatkan komisi sebesar 15% setiap penjualan foto. Sedangkan bagi kontributor eksklusif, komisinya meningkat menjadi 45%. Biasanya komisi akan dikirim ke akun paypal apabila telah mencapai batas $100.

  1. Shutterstock.com

Shutterstock merupakan salah satu situs penjualan foto yang cukup populer di internet. Jangan takut foto yang kamu jual di sana akan dicuri, karena Shutterstock akan otomatik memberikan watermark pada setiap foto yang dijual. Anda bisa menjual karya fotografi maupun ilustrasi digital di shutterstock.com. Komisi yang diberikan per fotonya sekitar 20-30%. Uang bisa dicairkan ke rekening paypal bila mencapai batas minimum yakni $75.

  1. 123rf.com

Menjadi kontributor di situs 123rf.com juga terbilang menguntungkan. Sebab Anda akan mendapatkan komisi cukup besar dari hasil penjualan foto, yakni sekitar 60%. Nilai itu akan bertambah 0.43% apabila mendapat user yang berlangganan membeli foto Anda. Keuntungan lainnya adalah apabila Anda mereferensikan pembeli atau penjual ke orang lain yang mana apabila sukses Anda akan memperoleh komisi bagi hasil sebesar 10-15%.

Tinggalkan Balasan