5 Fakta Ijazah SMA Jokowi yang Diduga Palsu, Ada Kejanggalan dari Hasil Analisis

 

JABAR EKSPRES – Fakta Ijazah SMA Jokowi yang diduga palsu. Isu ijazah palsu Jokowi muncul setelah seseorang bernama Bambang Tri Mulyono melayangkan gugatan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022.

Bambang yang juga merupakan penulis buku “Jokowi Undercover” menggugat Jokowi soal dugaan menggunakan ijazah palsu saat mengikuti Pilpres. Dalam gugatannya, Bambang mengungkap berbagai fakta soal riwayat pendidikan Jokowi, termasuk ijazah SMA dan Ijazah sarjana UGM yag diduga palsu.

Isu kejanggalan soal ijazah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diduga palsu menjadi ramai diperbincangkan di media sosial.

Gugatan itu terdaftar dalam perkara Nomor 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perbuatan melawan hukum (PMH).

Kini, gugatan itu sudah masuk ke tahap persidangan. Penggugat meminta agar Jokowi dinyatakan telah membuat keterangan tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah SD, SMP, dan SMA atas nama Joko Widodo.

Penggugat juga meminta agar Jokowi dinyatakan melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) karena menyerahkan dokumen ijazah yang berisi keterangan tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu sebagai kelengkapan syarat pencalonannya sesuai aturan KPU.

Setelah berbagai fakta terkuak soal keaslian ijazah SMA dan kuliah miliki Jokowi, Bambang Tri resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian berdasarkan SARA dan atau penistaan agama.

Dalam kasus yang sama, polisi juga menetapkan Sugik Nur sebagai tersangka. Pentersangkaan keduanya merujuk pada video yang diunggah Sugik Nur di channel Youtube-nya, Gus Nur 13 Official.

Usai keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran ujaran kebencian, hingga saat ini polemik menganai keaslian ijazah Jokowi masih banyak dipertanyakan publik. Terutama keaslian Ijazah SMA dan Ijazah UGM Fakultas kehutanan yang beredar di internet hanya dalam bentuk fotokopian saja.

Berikut adalah sederet fakta keaslian ijazah SMA Presiden Jokowi yang telah kami himpun dari berbagai sumber:

1. Ijazah SMA Surakarta milik Jokowi tertulis sudah ada sejak tahun 1980

Salah satu fakta yang masih dicari dan diperdebatkan warganet yakni soal ijazah SMA Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan