5 Fakta Ijazah UGM Jokowi yang Diduga Palsu, Ijazah Asli Masih Dipertanyakan

JABAR EKSPRES – Fakta Ijazah UGM Jokowi yang diduga palsu. Isu ijazah palsu Jokowi mencuat setelah Bambang Tri Mulyono melayangkan gugatan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada Senin 3 Oktober 2022.

Bambang Tri Mulyono yang juga merupakan penulis buku “Jokowi Undercover” menggugat Jokowi soal dugaan menggunakan ijazah palsu saat mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres). Dalam gugatannya, Bambang mengungkap berbagai fakta soal riwayat pendidikan Jokowi, termasuk ijazah SMA dan Ijazah sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diduga palsu.

Kejanggalan soal keaslian ijazah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diduga palsu menjadi ramai diperbincangkan warganet di media sosial.

Dalam salah satu video percakapan dengan Sugik Nur di akun Youtube Gus Nur 13 Official, Bambang Tri mengatakan bahwa Jokowi sebenarnya tidak pernah mengenyam bangku kuliah di UGM. Pernyataannya tersebut diklaim didasarkan sejumlah bukti yang dimiliki.

“Di UGM, Jokowi itu, baui kampus UGM saja enggak pernah. Enggak pernah menginjakkan kaki di sana,” ujar dia.

Isu Ijazah UGM Jokowi Palsu semakin membesar setelah Bambang melayangkan gugatan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (3/10)

Gugatan yang dilayangkan Bambang terdaftar dalam perkara Nomor 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perbuatan melawan hukum (PMH).

Penggugat meminta agar Jokowi dinyatakan telah membuat keterangan tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah SD, SMP, dan SMA atas nama Joko Widodo. Kini, gugatan itu sudah masuk ke tahap persidangan.

Pihak penggugat juga meminta agar Jokowi dinyatakan melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) karena menyerahkan dokumen ijazah yang berisi keterangan tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu sebagai kelengkapan syarat pencalonannya sesuai aturan KPU.

Setelah berbagai fakta yang beredar soal keaslian ijazah UGM milik Jokowi, Bambang Tri resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian berdasarkan SARA dan atau penistaan agama.

Hingga saat ini, isu tentang keaslian ijazah UGM milik Jokowi masih menjadi perbincangan publik.

Berikut sederet fakta soal keaslian ijazah UGM Jokowi yang diduga palsu, dikutip dari berbagai sumber:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan