Putusan Otak

 

Jimmy Marta

Di Minang, mamak ( biasa juga dipanggil singkat: mak)itu panggilan kemenakan/ponak an ke paman. Kemenakan adalah anak saudara perempuannya. Saudara perempuan kandung dan segaris ibu. Tapi karena begitu lekatnya, panggilan mamak ke sang paman kadang dijadikan nama panggilan yg lumrah sehari2. Semacam nama populer. Oleh orang lain pun yg bukan kemenakan, bukan keluarga. Yg berposisi mamak/paman tentu bisa banyak, tergantung jumlah lelaki dalam keluarga itu. Makanya untuk membedakan para mamak, ada tambahan lagi dibelakangnya. Untuk yg paling tua disebut mak gadang/mak adang. Mamak yg tengah jadi mak angah. Yg kecil mak etek atau mak uncu. Kalau jumlah mamak lebih banyak, ada lagi mak uniang, mak itam, mak aciak. Atau bisa juga dg tambahan nama panggilan kecil si mamak. Mak Udin, mak buyung, mak david, dll… Selamat beristirahat mak Edi.

 

ALI FAUZI

Narasi Islam Nusantara selama ini memang lebih kepada Islam yang berkembang di Jawa –lebih khusus lagi di kalangan NU. NU memang lebih banyak diterima orang Jawa. Sedangkan narasi Islam Nusantara yang didengungkan Azyumardi Azra adalah Islam yang berkembang di seluruh Indonesia –dari Sabang sampai Merauke. Karena Indonesia bukan cuma Jawa. Saya lebih menerima narasi Islam Nusantaranya Azyumardi Azra.

 

Johannes Kitono

Gegara asyik mengikuti Cerbung ” Siapa Membunuh Putri ” jadi tidak fokus lagi membuat komentar tulisan Juragan Disway. Cerbung AH itu menggambarkan situasi FTZ BATAM, dimana Rambo Rambo abuse the power. Bisa jadi jendral Sambo hanya copy paste saja dan menerapkannya dalam size nasional. Now wartawan idealis seperti Dur tentu semakin langka dan maaf hampir sudah punah.

 

didik sudjarwo

Ternyata orang barat tidak percaya kutbah.Apalagi komentar di Disway yg kadang ndakik2.Untung saia bukan orang barat. Ngapunten.

 

Rihlatul Ulfa

Jujur saja saat beliau meninggal saya tidak begitu mengetahui. pun walaupun banyak media yg memberitakannya. tapi setelah baca tulisan Abah, saya baru merasa kehilangan. disinilah saya baru mengenalnya, dan kenapa kematiannya harus disebarluaskan karena memang beliau sangat istimewa. saya sangat menyukai orang-orang yang berfikiran terbuka, apalagi sampai mau belajar ke negeri barat yg biasanya mereka-mereka itu lebih suka dengan Al-Azhar Kairo. tentu itu suatu bentuk kemajuan yang tinggi sekali, melihat beliau lulusan Columbia University. wow. selamat jalan Prof..

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan