Putusan Otak

 

Giyanto Cecep

innalillahi wainnailaihi rojiuun .. semoga amal ibadahnya diridhoi dan khilaf dan dosanya diampuni allah swt. Aamiin Yaa Rabb. saya membaca tulisan Prof Azyumardi Azra sejak masih muda krn pakdhe saya langganan majalah Panji Masyarakat yg diampu oleh Prof Hamka. Mengeja nama beliau memang susah. Namanya cukup apik menurut saya. saya mencoba mencari apa rti dr nama tersebut. Ada yg menyebut bhw nama tsb adl singkatan dr nama ayah dan ibunya yaitu Ra’azni dan Azri’ati. sayang sekali pak DI terlewat atau sengaja tidak membahas asal usul dan arti nama beliau. Ada akun twitter yg menulis bgmn nama beliau ini. Akun @zachumam menulis begini : orangtua pak @Prof_Azyumardi dulu dapat inspirasi dari mana menamai puteranya ” alzyumardi alazroq ” ditulis dg huruf arab, dg pelepasan ‘ qof ” ala beberapa dialek arab. Pastilah orangtuanya santri dari tradisi surau. Yakni : zamrud biru, aduhai indahnya dan berharganya sebuah nama. Akun @JRofarif mereply status, Al-zumurrud al azraq >> azyumardi azra. Menarik. Lebih menarik artinya. Zumurrud (zamrud)sendiri artinya ” batu (mulia) warna hijau ” tapi ini kemudian disifati warna biru. Tapi rangkaia kata (dlm huruf arab) ” zumardi azraq” artinya ” aquamarine” . Warna hijau laut. Hijau kebiruan. Akun @amajid13 menambahkan , orang Mesir mengucapkan “qaf” jadi ” hamzah ” . saya pernah berjumpa Prof Azyumardi Azra di food court Pondok Indah Mall, tidak lupa saya salami dan saya cium tangan beliau, ngalap berkah. Semoga.

 

Rahma Huda Putranto

Yang mempopulerkan Islam Nusantara ternyata Mak Edi. Jadi tahu kenapa Wakil Menteri Agama berkata seperti ini. “Wamenag: Prof Azyumardi Azra Tokoh Muhammadiyah yang Gigih Membela NU”

 

Jimmy Marta

Panggilan bapak/pak itu untuk garis ayah. Anak dari saudara lelaki baik kandung maupun segaris ayah. Yg paling besar pak adang atau pak tuo. Yg kecil pak etek. Pak dhe dan pak lik di bila di jawa.

 

Budi Utomo

Suku Minang bisa jadi satu-satunya suku di Indonesia yang marganya menganut garis ibu. Di dunia kini hanya orang India masa kini yang marganya memakai garis Ibu. Tiongkok dulu juga menganut marga garis ibu yaitu sebelum era Dinasti Zhou (sebelum sekitar 1000 SM). Ini masih bisa dilacak dari aksara Xing 姓 = marga. Yang terdiri dari dua simbol. Nu 女 (baca nii) = female = wanita dan Sheng 生 (baca sheung, eu ala Sunda) = born/birth = dilahirkan/lahir. Bisa dilihat dari nama-nama raja/kaisar sebelum Dinasti Zhou. Mesir kuno juga memakai garis ibu. Garis ayah biasanya dari suku nomaden. Seperti Mongolia, Turki, Arab, dll. Suku yang menetap biasanya memakai garis ibu dan berubah memakai garis ayah setelah dijajah suku nomaden. Perang Padri salah satunya karena konflik antara kaum adat yang memakai garis ibu dan kaum padri yang memaksakan garis ayah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan