Viral Video Tentang Tanda Gejala Gangguan Jiwa Ringan, Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Baru-baru ini media sosial digegerkan dengan video viral seorang tenaga medis yang membuat konten mengenai tanda gejala seseorang alami gangguan jiwa ringan.

Video tersebut ternyata malah mengundang kontra dari para netizen karena dianggap meresahkan. Mulanya video tersebut diunggah oleh tenaga medis tersebut melalui TikTok yang kemudian ditulis ulang oleh akun Twitter bernama @ndagels pada Senin, 29 Agustus 2022 lalu.

“Ya Allah ini syaratnya udah terpenuhi semua hey,” tulis akun pengunggah video yang dikutip Suara.com pada Selasa (30/08/22).

Dalam video tersebut, ada enam gejala yang tenaga medis tersebut tuliskan. Yakni meliputi perubahan mood, malas mandi hingga berubah menjadi seorang Introvert.

“Gejala gangguan jiwa tahap awal/ringan. Mood mudah berubah, malas mandi, jadi pelupa, sulit konsentrasi, rebahan seharian tapi sulit tidur, lebih introvert,” keterangan yang ditulis wanita diduga tenaga medis.

Melalui kolom komentar, warganet pun berpendapat jika video tersebut mengundang banyak khalayak untuk melakukan self-diagnosis atau analisa diagnosis berdasarkan diri sendiri.

Jika dikutip dalam halodoc.com, memang ada beberapa tanda gangguan jiwa yang tidak pernah disadari. Menurutnya berdasarkan jurnal The American Psychological Association, tanda gangguan jiwa yang perlu diketahui ada 5, yakni:

  1. Rasa lelah yang konstan

Seseorang yang merasa lelah secara konstan dapat menjadi awal gejala gangguan jiwa. Walau begitu, masalah ini tidak pernah disadari karena merasa memang fisiknya sedang tidak baik.

Selain itu, seseorang yang mengidap masalah ini kerap mencoba untuk menyembunyikan apa yang dialaminya agar tidak merasa malu.

Dengan kata lain, ada banyak faktor biologis, lingkungan, dan sosial yang dapat menjelaskan alasan seseorang yang mengalami gangguan jiwa dapat merasa lelah sepanjang hari.

Maka dari itu, jika Anda merasa kelelahan sepanjang hari tanpa ada alasan yang jelas, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan mental.

  1. Sakit fisik

Hal yang perlu setiap orang ketahui adalah kesehatan mental dan fisik saling berkaitan satu sama lain. Jika kamu mengalami gangguan jiwa, kesehatan fisik pun juga dapat terganggu.

Tinggalkan Balasan