Wuling Keluarkan Produk Mobil Listrik AIR EV

BANDUNG – Pabrikan Mobil asal China, PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) akhirnya memperoduksi kendaraan dengan mengusung teknologi Air Electric Vehicle EV. Atau berbahan bakar baterai.

Launching perdana dibuka Langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Peluncuran produksi perdana mobil Wuling Air EV dirakit di Cikarang dengan ditanangani oleh tenaga ahli Indonesia.

Airlangga Hartarto juga melihat dari dekat proses perakitan mobil listri Wuling sekaligus menjajal dengan mengendarai Wuling Air EV tersebut.

Menurut Menko Airlangga, potensi permintaan Electric Vehicle (EV) di dunia diperkirakan akan terus meningkat dan mencapai sekitar 55 juta unit EV hingga tahun 2040.

Untuk menangkap peluang dan mencegah terjadinya perubahan iklim, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomer 55 tahun 2019 tentang percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBL-BB).

Pemerintah juga akan mengembangkan industry KBL-BB dan mempercepat pembangunan insfrastruktur untuk mendukung program transisi energi Baru terbarukan (EBT).

“Mobil EV ini diharapkan dapat menciptakan net zero emission dan dengan semakin banyak kota-kota yang menggunakan EV, tingkat pencemaran lingkungannya semakin menurun,” tutur Menko Airlangga.

Pemerintah memandang optimis bahwa sektor industri akan mampu terus tumbuh. Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur Indonesia kembali mengalami ekspansi ke level 51,3 pada Juli 2022 atau meneruskan tren ekspansif 11 bulan berturut-turut.

Survei Kegiatan Dunia Usaha yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga menunjukkan bahwa sektor Industri Pengolahan pada Q3-2022 diperkirakan masih akan mampu meneruskan pertumbuhan kembali.

“Saya berharap PT SGMW yang baru sekitar 7 tahun berdiri di Indonesia, bisa menjadi leading EV producer di seluruh Indonesia. Dengan investasi sebesar USD 1 miliar, 10.000 karyawan, dan luas area sebesar 60 hektar, ini juga menjadi salah satu basis ekspor otomotif Indonesia,” tutur Menko Airlangga.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Duta Besar Cina untuk Indonesia, Staf Khusus Presiden, Direktur Utama PT PLN, Pj Bupati Bekasi, dan Direktur Wulings Motor.

Wuling Motors akan memproduksi Wuling Air ev sebanyak 10.000 unit per tahun. Air ev merupakan mobil listrik mini dengan kapasitas 4 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan