Tim Penyidik Kasus Brigadir J Lakukan Pendalaman Pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo di Mako Brimob

JabarEkspres.com – Timsus bentukan langsung Kapolri yang kemudian dipimpin langsung oleh Wakapolri lakukan pendalaman kasus Brigadir J lewat saksi-saksi, pun termasuk Ferdy Sambo.

Dalam pemeriksaan ini, Ferdy Sambo langsung diperiksa Wakapolri di Mako Brimob.

“Pada hari ini, timsus tetap bekerja dan mendalami para saksi-saksi dulu,” ungkap Irjen Pol Dedi Senin 8 Agustus 2022.

Meskipun Irjen Pol Dedi tidak menyebutkan secara langsung siapa saja yang diperiksa di Mako Bromob, namun saat ini Ferdy Sambo sedang berada di tempat khusus di Mako Brimob Brimob terkait dugaan pelanggaran prosedur dalam kasus Brigadir J.

Irjen Pol Dedi juga menambahkan bahwa pemeriksaan yang dilakukan timsus di Moko Brimob ini langsung dipimpin oleh Pak Wakapolri serta kemudian Pak Irwasum.

Terkait dengan penempatan Ferdy Sambo di Mako Brimob, Mahfud MD menjelaskan alasan Ferdy Sambo dibawa ke Provos.

“Meskipun yang bersangkutan sedang terjerat kasus pidana terkait kematian Brigadir J namun, Ferdy Sambo pun akan diperiksa pelanggaran etik,” terang Mahfud.

“Menurut hukum pelanggaran etik dan pelanggaran pidana itu bisa sama-sana jalan, tidak harus saling menunggu dan tidak bisa saling meniadakan. Artinya, kalau seseorang dijatuhi sanksi etik bukan berarti dugaan pidananya dikesampingkan”.

“Pelanggaran etik diproses, pelanggaran pidana pun diproses secara sejajar,” tambahnya.

Meski begitu, Mahfud menerangkan bahwa publik tak perlu khawatir Ferdy Sambo tetap akan diperiksa masalah pidana.

“Pemeriksaan pidana itu lbh rumit sehingga lebih lama dari pemeriksaan pelanggaran etik. Jadi publik tak perlu khawatir, penyelesaian masalah etika ini malah akan mempermudah pencepatan pemeriksaan pidananya jika memang ada dugaan dan sangkaan tentang itu,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari keterangan akun resmi Mahfud MD, Sabtu 6 Agustus 2022.

Setelah dilakukan penempatan khusus bagi Ferdy Sambi, sang istri Putri Candrawathi akhirnya muncul ke publik untuk pertama kalinya.

Putri Candrawathi ditemani kuasa hukumnya Arman Hanis, membesuk Irjen Ferdy Sambo yang diamankan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Minggu 7 Agustus 2022 petang.

Putri Candrawathi datang bersama anak-anaknya dari rumah pribadinya di Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan