10.58

Er Gham
Zelensky dan Erdogan kaget Putin melanggar perjanjian ‘Black Sea Initiaves’. Putin kalem saja. Dia cuma menjawab, “Silakan kirim kapal dan ekspor gandum. Saya tidak akan hancurkan lalu lintas pengiriman gandum. Tapi perjanjiannya khan tidak melarang saya untuk hancurkan gudang gandumnya.”

Lukman bin Saleh
Tahun 2019 sistem pertahan udara S-400 made in-anda sudah-tau tiba d Turki. Untuk pertama kali. Amerika Murka. Meminta Turki menyingkirkan S-400 itu. Turki bergeming. Amerika emosi. Turki d beri sanksi. D keluarkan dari program F-15. Tp sekarang Amerika banting setir. Membujuk Turki agar mau mengirim S-400 ke Ukraina. Untuk melawan Rusia. Tp tentu sj Ankara tidak mau. Sungguh luar biasa sikap Turki. Berpengaruh, tegas tp tdk memusuhi. Bergaul dan bersahabat dg Barat. Tp tidak ikut2an menyerang timur. Negara spt inilah yg d butuhkan dunia untuk menciptakan kedamain. D tengah demam perang yg sdg melanda Negara2 raksasa…

Johannes Kitono
Semoga Black Sea Initiatives ini seperti melihat Setitik Cahaya Diujung Terowongan panjang tapi sempit. Dan tidak lama lagi segera diikuti dengan “Jokowi Initiatives ” yang akan ditanda tangani saat G 20 di Bali Indonesia, oleh Putin dan Zelensky dengan saksi saksi : Jokowi, Antonio Guterres, Presiden RRC dan Presiden USA. Nama Presiden USA yang sedang kena covids 19 sengaja tidak ditulis. Tidak jelas apakah beliau masih hidup ketika Pakta Perdamaian ini terjadi di Bali. Damai dibumi dan Semoga Semuanya Hidup Bahagia.

HANVINCY ADNOV
Kalau boleh meralat di akhir tulisan yaitu bukan masalah fokus or tidak fokus menyerang wilayah barat terutama Kyiv tapi menghormarti kesepakatan di Turki 28-30 Maret 2022 yaitu salah satunya menghentikan aktivitas militer Rusia di dua kota yakni Kyiv dan Chernihiv. Tapi perkembangan di lapangan sangat dinamis tergantung ada n tidaknya pelanggaran termasuk salah satunya ada atau tidaknya senjata bantuan Barat untuk menyerang wilayah Rusia.

Jimmy Marta
Kenapa tuan erdogan bisa memaksa rusia dan ukraina duduk semeja? Walau hanya baru sebatas isu kecil, menyangkut bahan pangan itu..? Menarik melihat fenomena kecil ini. Turki itu satu diantara 30 anggota nato. Dimana posisi nato terhadap perang rusia ukraina semua sudah tahu. Terus bgmn erdogan bisa jadi mediator.? Disinilah reputasinya Reccep Tayip Erdogan berfungsi. Dibawah sudah ada yg menulis contoh sikap nya terhadap “induk semangnya” itu. Disamping juga bbrp faktor lain yg juga ikut berpengaruh. Seperti geografis negara dan posisi akses ke laut hitam atau selat bhosporus. Lebih pentingnya tentu sikap erdogan yg jelas dan tegas. Kepercayaan sbg penengah tentu didapat dari kapasitas dan integritas yg dibangun selama ini. Ini tentang Erdogan e bukan Turkiye.. Kepercayaan hanya bisa tumbuh tidak bisa dimimta..

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan