Penting Untuk Goweser, Pertolongan Pertama Saat Jatuh dari Sepeda

JABAREKSPRES.COM – Memilih jenis olah raga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Bila tubuh bugar dan tidak memiliki masalah cidera, maka bersepeda bisa menjadi pilihan. Namun, Bila tidak menerapkan cara aman bersepeda, maka resiko kecelakaan seperti jatuh bisa saja terjadi.

Menaiki sepeda, merupakan olah raga yang melibatkan pergerakan fisik yang intens. Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan mental, terutama untuk mengurangi stres.

Faktor resiko kecelakaan saat bersepeda, salah satunya adalah jatuh. Yang sering menjadi penyebabnya adalah karena kehilangan keseimbangan. Kecelakaan kecil biasanya hanya menyebabkan luka ringan, saja seperti lecet pada kulit. Namun bila posisi jatuhnya tidka benar, maka risiko mengalami cedera serius seperti dislokasi sendi dan gegar otak tetap bisa saja terjadi.

Karenanya penting untuk goweser yang selalu memiliki agenda gowes tiap pekan baik sendiri maupun bersama komunitas, ada baiknya mempersiapkan diri dengan mengetahui apa langkah pertama yang harus dilakukan saat terjatuh dari sepeda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pertolongan pada diri sendiri atau orang lain ketika jatuh dari sepeda, seperti dilansir dari Hellosehat.com.

1. Memeriksa kondisi tubuh

Saat jatuh dari sepeda, salah satu kesalahan penanganan darurat yang sering dilakukan adalah mencoba untuk langsung berdiri. Padahal, hal ini dapat membahayakan kondisi apabila ternyata mengalami cedera pada otot, sendi, atau tulang.

Alih-alih langsung bangun dan bergerak, sebaiknya Anda berusaha memeriksa kondisi tubuh Anda terlebih dulu.

Cobalah menyadari apakah ada rasa sakit di bagian tertentu atau sebaliknya Anda tidak bisa merasakan apapun pada bagian anggota gerak (tangan atau kaki).

Selanjutnya, secara perlahan cobalah menggerakan kepala ke atas, bawah, kanan dan kiri, apakah ada rasa sakit atau tidak.

Sama halnya ketika Anda menolong orang yang jatuh dari sepeda, hindari langsung memindahkan tubuh korban sebelum memastikan tidak ada cedera apapun.

2. Meminta bantuan

Jika Anda merasakan sakit yang kuat atau menyadari mengalami cedera pada sendi atau tulang, jangan mengambil risiko berbahaya untuk langsung bergerak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan