Kerangka Makhluk Purba Ditemukan Utuh di Sumedang, Kura-Kura Jutaan Tahun Silam

Jabarekspres.com – Fosil binatang purba lagi-lagi ditemukan di wilayah Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Sumedang. Temuan baru tersebut diduga merupakan fosil hewan purba di zaman pletosen atau suatu zaman yang terjadi pada satu juta tahun lalu. Disinyalir temuan kali ini adalah kerangka kura-kura purba.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumedang, Bambang Rianto, mengungkapkan terkait penemuan fosil binatang purba. Pihaknya kembali melakukan ekskavasi. Rencananya ekskavasi dilakukan selama 10 hari dan sudah dimulai dari 13 Juni 2022.

Sejumlah Tim diterjunkan untuk melakukan proses ekskavasi. Tim yang terlibat di antaranya Bidang Kebudayaan Sumedang, peneliti arkeologi dari BRIN Bandung dan peneliti dari Kementerian ESDM.

“Total yang terlibat dengan warga  ada sekitar 15 orang,” kata Bambang.

Poses eskavasi yang dilakukan membuahkan hasil. Dugaanya adalah bahwa temuan kali ini merupakan kura-kura purba jaman pletosen.

“Fosil serupa gigi geraham sapi, fosil gigi buaya dan kepingan-kepingan fosil lainnya,” ucap Bambang

Fosil tersebut ditemukan di kedalaman 20 sampai 30 sentimeter dengan jarak yang cukup jauh dari pemukiman warga.

“Ada juga fosil yang ditemukan di permukaan tanah, tanah yang tergerus oleh aliran air hujan di permukaan tanah,” jelas Bambang.

Ditegaskan, sejauh ini fosil yang ditemukan hanyalah fosil-fosil binatang purba, belum ditemukan fosil-fosil manusia purba dan saat ini masih dalam pencarian.

“Untuk fosil manusia purba sedang kami lakukan pendalaman dan pencarian. Dengan temuan fosil ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan,” tukas Bambang.

Kepala Bidang Kebudayaan dari Disparbudpora Sumedang, Budi Akbar menjelaskan, dari proses ekskavasi dilakukan di beberapa titik yang disinyalir ada binatang purba.

“Kami masih butuh peneliti arkeologi khusus untuk fosil binatang purba sejenis kura-kura. Karena di salah satu titik ekskavasi itu diperkirakan fosil kura-kura purba,” papar Budi.

Fosil tersebut diperkirakan fosil kura-kura darat yang hidup pada zaman pleitosen. Fosil tersebut menjadi unik lantaran temuan ini baru di Jawa Barat, khususnya di Sumedang.

“Temuan fosil ini unik lantaran sangat purba,” kata Budi.

Sementara itu, Tim peneliti melakukan eskavasi di dua lokasi yang berdekatan di wilayah Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo. Di salah satu titik, ditemukan fosil kura kura yang diperkirakan berumur jutaan tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan