oleh

Ilmuwan Mengembangkan Robot Seukuran Kutu untuk Operasi Bedah

Jabarekspres.com – Kini para ilmuwan terus mengembangkan teknologi dalam bidang medis untuk membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Salah satunya teknologi yang sedang disempurnakan yaitu robot untuk operasi bedah. Para insinyur di Northwestern University, Illinois, Amerika Serikat (AS) telah mengembangkan robot berjalan terkecil yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Sementara itu, hal yang tidak kalah menarik adalah robot ini dibuat dalam bentuk kepiting kecil, dengan lebar setengah milimeter atau seukuran kutu.

Robot kecil ini bisa membungkuk, memutar, merangkak, berjalan, berbalik, dan bahkan melompat. Tidak hanya itu, para peneliti juga mengembangkan robot berukuran milimeter yang menyerupai cacing, jangkrik, dan kumbang.

Saat ini penelitian masih bersifat eksploratif. Tapi, para peneliti percaya bahwa teknologi ini dapat membawa bidang ini lebih dekat untuk mewujudkan robot berukuran mikro.

Dengan demikian, robot ini nantinya dapat melakukan tugas-tugas praktis di dalam ruang tubuh, yang tertutup rapat untuk menggantikan operasi bedah.

Penelitian ini telah dipublikasikan akhir Mei lalu di jurnal Science Robotics. Pada september lalu, tim yang sama memperkenalkan microchip bersayap yang merupakan struktur terbang terkecil yang pernah dibuat manusia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.