7 Cara Mengatasi Kesedihan Akibat Kehilangan Orang Terkasih

Jabarekspres.com – Ketika kehilangan orang terkasih tentunya Anda akan merasa sedih yang teramat sangat mendalam. Bahkan, hampir semua orang pernah merasakan hal ini.

Sementara itu, gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kesedihan yang mendalam yaitu pusing, kehilangan nafsu makan, lemas, mual, penurunan berat badan, dan insomnia.

Menurut sebuah penelitian, kebanyakan orang dapat pulih dari kesedihan seiring berjalannya waktu, jika memiliki dukungan sosial dan kesehatan.

Jadi, apa saja cara mengatasi kesedihan akibat kehilangan orang terkasih? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Rabu 15 Juni 2022, begini langkahnya.

1. Berkumpul dengan teman atau kerabat

Cara yang pertama adalah berkumpul sembari membangun ikatan kembali dengan orang-orang yang Anda cintai.

Jangan sampai mengabaikan mereka lagi, lalu terima segala pertolongan atau bantuan yang akan mereka berikan.

2. Dekatkan diri pada agama atau kepercayaan

Aktivitas spiritual misalnya berdoa, meditasi atau pergi ke tempat ibadah, bisa mengurangi rasa kesedihan yang Anda alami.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak meninggalkan aktivitas spiritual, meskipun hati Anda sedang merasa sedih.

3. Menghadapi perasaan Anda

Mulai sekarang, Anda harus bisa menghadapi kesedihan tersebut dan jangan mengindarinya untuk selamanya.

Menghadapi rasa kesedihan memang membutuhkan proses yang lama. Namun, bila tidak dijalani Anda bisa terkena depresi, gelisah dan gangguan kesehatan lainnya.

4. Mengekspresikan perasaan

Ekspresikan rasa kehilangan Anda dengan menggunakan tulisan berupa surat ataupun buku catatan. Kemudian, tulis semua yang belum sempat diutarakan kepadanya.

Selain itu, Anda bisa juga berpartisipasi dalam kegiatan atau organisasi yang berarti baginya.

5. Membantu orang lain dalam mengatasi kesedihan

Membantu orang lain yang sedang mengalami kesedihan akan memberi manfaat untuk Anda. Untuk itu, perbanyak kegiatan positif untuk mengatasi rasa sedih di dalam hati.

6. Menjaga diri sendiri dan keluarga

Anda harus istirahat, makan dan olahraga secara teratur demi memperkuat mental dan fisik, sehingga kesedihan tidak akan menghambatmu untuk terus maju.

7. Mengingat kehidupan orang-orang terkasih

Poin terakhir adalah mengingat selalu kebaikan dari kehidupan orang terkasih, salah satu caranya yaitu dengan mengenang waktu bersamanya lewat foto yang mungkin Anda ambil pada saat itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan