Awas, Kenali Zat Beracun yang Terkandung Dalam Bawang

JABAREKSPRES.COM – Beberapa jenis Bawang ternyata memiliki kandungan zat beracun. Zat ini cukup kuat hingga ampuh meracuni kucing dan anjing.

Zat ini pula yang membuat kita menangis setiap kali memotong bawang. Bukan hanya mata, kadang hidungpun mencium aroma pedas yang cukup menyengat.

Beberapa jenis bawang memang sering kali membuat pedih dimata saat diiris, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay bahkan daun bawang.

Seperti dilansir dari Cnet. Bawang termasuk dalam genus Allium atau tanaman berbunga. Mereka tumbuh sebagai umbi di bawah tanah dan memasukkan zat beracun ke akarnya untuk melindungi diri dari hama bawah tanah dan semacamnya.

Bawang mengambil belerang dari tanah untuk membuat sulfoksida asam amino.

Saat bawang dipotong, sulfoksida tersebut bergabung dengan enzim lain di dalam bawang untuk menghasilkan gas belerang.

Ketika gas itu berinteraksi dengan kelembapan di sekitar mata Anda, itu menciptakan belerang dioksida, yang membakar dan menyebabkan mata Anda berair.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar mata tidak pedih saat memotong bawang. Berikut beberapa triknya:

1. Jangan menyentuh bagian akar bawang.

Sebagian besar sulfoksida bawang berada di akarnya — bagian bulat dengan rambut di bagian bawah bawang.

Jika Anda dapat membiarkan akarnya tidak tersentuh, Anda akan secara signifikan mengurangi jumlah bahan kimia yang membuat Anda menangis saat memotong.

Salah satu caranya yakni, memotong ujung akar bawang terlebih dahulu sebelum memulai pengirisan. Atau mengiris bawang tanpa memotong akarnya.

2. Menggunakan kontak lensa mata.

– Menggunakan kontak lensa dapat menghalangi gas belerang yang keluar dari bawang saat mengirisnya.

3. Jangan gunakan pisau tumpul

-Pisau tumpul akan menghancurkan bawang lebih dan dapat melepaskan lebih banyak sulfoksida yang mengganggu.

4. Iris bawang di depan kipas angin

Jika 3 cara di atas tidak berhasil, cobalah mengiris bawang di depan kipas angin atau area terbuka. Keduanya dapat membantu menghilangkan gas belerang sebelum menyerang mata Anda.

5. Dinginkan Bawang

National Onion Association merekomendasikan bawang bombay untuk didinginkan selama 30 menit sebelum dimasak. Suhu yang lebih dingin akan memperlambat gas belerang, katanya, sehingga menyebabkan lebih sedikit reaksi dengan mata Anda. (Organisasi juga merekomendasikan agar root tetap utuh. (dis/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan