oleh

Sebaiknya Tidur dalam Kondisi Terang atau Gelap? Simak Penjelasan dr. Saddam Ismail

Jabarekspres.com – Salah satu cara untuk memulihkan tubuh yaitu dengan cara tidur. Namun, lebih baik tidur dalam kondisi terang atau gelap?

Kurang tidur bisa menyebabkan imun menjadi menurun, sehingga kerja tubuh menjadi tidak akan optimal.

Lantas, sebaiknya tidur dalam kondisi terang atau gelap? Sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube dr Saddam Ismail pada Selasa 7 Juni 2022, berikut ini jawabannya.

Menurut dr Saddam Ismail, tidur dalam kondisi gelap lebih baik ketimbang keadaan terang, mengapa? Sebab bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Baca Juga:  5 Langkah dalam Mencegah Asam Lambung Naik Secara Alami

Penting untuk diketahui, ketika tidak ada cahaya, otak akan memberikan informasi kepada tubuh untuk tidur, dan memberikan rasa kantuk.

Jika cahaya terang hormon kantuk (melatonin) akan terhambat. Namun, pada keadaan gelap tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan hormon tersebut dan membuat Anda cepat mengantuk.

Akan tetapi, mengapa ada yang bisa tidur dalam keadaan terang? Dalam kondisi ini otak akan bingung. Sehingga, hormon melatonin tidak dilepaskan dengan maksimal.

Baca Juga:  Manfaat Kulit Telur untuk Kesehatan, Lengkap dengan Cara Mengolahnya

Apa yang harus dilakukan sebelum tidur? Pastikan kondisi kamar dalam keadaan gelap. Kemudian, jauhkan barang-barang elektronik dari jangkauan Anda.

Sementara itu, apa yang terjadi bila tidur tapi tidak mematikan lampu? Tidur dalam kondisi yang terang berpengaruh terhadap kesehatan.

Beberapa pengaruh tidur dalam keadaan terang, seperti:

1. Obesitas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.