Sebaiknya Tidur dalam Kondisi Terang atau Gelap? Simak Penjelasan dr. Saddam Ismail

Jabarekspres.com – Salah satu cara untuk memulihkan tubuh yaitu dengan cara tidur. Namun, lebih baik tidur dalam kondisi terang atau gelap?

Kurang tidur bisa menyebabkan imun menjadi menurun, sehingga kerja tubuh menjadi tidak akan optimal.

Lantas, sebaiknya tidur dalam kondisi terang atau gelap? Sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube dr Saddam Ismail pada Selasa 7 Juni 2022, berikut ini jawabannya.

Menurut dr Saddam Ismail, tidur dalam kondisi gelap lebih baik ketimbang keadaan terang, mengapa? Sebab bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Penting untuk diketahui, ketika tidak ada cahaya, otak akan memberikan informasi kepada tubuh untuk tidur, dan memberikan rasa kantuk.

Jika cahaya terang hormon kantuk (melatonin) akan terhambat. Namun, pada keadaan gelap tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan hormon tersebut dan membuat Anda cepat mengantuk.

Akan tetapi, mengapa ada yang bisa tidur dalam keadaan terang? Dalam kondisi ini otak akan bingung. Sehingga, hormon melatonin tidak dilepaskan dengan maksimal.

Apa yang harus dilakukan sebelum tidur? Pastikan kondisi kamar dalam keadaan gelap. Kemudian, jauhkan barang-barang elektronik dari jangkauan Anda.

Sementara itu, apa yang terjadi bila tidur tapi tidak mematikan lampu? Tidur dalam kondisi yang terang berpengaruh terhadap kesehatan.

Beberapa pengaruh tidur dalam keadaan terang, seperti:

1. Obesitas

Penelitian yang telah diterbitkan oleh American Journal Of Epidemiology mengungkapkan, seandainya wanita yang tidur dalam kondisi kamar yang terang, memiliki lingkar pinggang yang lebih besar ketimbang tidur dalam kondisi gelap.

2. Depresi

Journal of Affective Disorder menyebutkan, penyebab utama orang depresi karena tidur dalam keadaan cahaya kamar yang terang. Jadi, kualitas tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

3. Diabetes mellitus type 2

Jurnal Chronobiology International mengatakan, bagi penderita diabetes mendapatkan paparan cahaya yang lebih dari kamar ataupun barang elektronik, nantinya akan berkaitan dengan hormon melatonin.

4. Insomnia

Tentunya cahaya yang terang mengakibatkan Anda menjadi insomnia, akibat dari hormon melatonin menjadi terhambat. Lalu, membuat Anda menjadi susah untuk tidur.

5. Tekanan darah tinggi

Ketika kualitas tidur Anda terganggu, maka akan mengakibatkan tekanan darah menjadi naik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan