Benarkah Makanan Bersantan Bisa Menimbulkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

Jabarekspres.com – Masyarakat banyak yang berpendapat jika mengonsumsi makanan bersantan bisa menimbulkan jerawat. Lantas, apakah pendapat tersebut benar?

Makanan yang menggunakan santan akan terasa lebih gurih dan lezat. Kemudian, menu masakan Indonesia termasuk paling banyak menggunakan bahan dasar santan, misalnya rendang, sayur lodeh, dan gulai.

Akan tetapi, mengonsumsi makanan yang bersantan sebaiknya dibatasi. Mengapa? Sebab santan dapat menyebabkan masalah kesehatan dan salah satunya yaitu timbulnya jerawat.

Jadi, apakah benar makan makanan bersantan bisa menimbulkan jerawat pada wajah? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Selasa 7 Juni 2022, berikut penjelasannya.

Tahukah Anda, makanan yang mengandung santan tidak selalu membuat wajah Anda berjerawat. Namun, ada kandungan zat di dalam santan yang memicu timbulnya jerawat.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena santan mengandung lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak.

Dalam secangkir santan mentah mengandung nutrisi seperti:

  • Kalori: 445
  • Lemak: 48,21 gram
  • Protein: 4,57 gram
  • Karbohidrat: 6,35 gram
  • Vitamin C: 0, 23 gram
  • Kalsium: 0,041 gram
  • Magnesium: 0,104 gram
  • Zat besi: 0,746 gram
  • Kalium: 0,497 gram

Apabila melihat kandungan nutrisi di atas, secangkir santan sudah mengandung hampir mencapai 50 gram lemak.

Oleh karena itu, ketika kandungan lemak pada tubuh tinggi, maka kadar sebum (minyak alami) di wajah akibat terkontaminasi lemak jenuh bisa ikut meningkat.

Lalu apa yang akan terjadi? Minyak alami yang terkontaminasi lemak jenuh bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat muncul.

Sementara itu, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat, misalnya hormon, stres, obat-obatan, dan pola makanan yang kurang sehat.

Selain jerawat, apa saja efek samping terlalu banyak mengonsumsi makanan santan yang perlu kita waspadai?

Pertama, dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Kolesterol ini bisa memicu berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung dan stroke.

Kedua, menyebabkan obesitas. Santan mengandung banyak kalori, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan.

Ketiga, menimbulkan alergi. Bagi orang yang mempunyai alergi harus berhati-hati, karena untuk sebagian orang santan bisa mengakibatkan alergi pada tubuh.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan