Mengapa Pengguna Behel Dilarang Merokok? Begini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Ketika Anda memakai behel tidak disarankan untuk merokok, karena bisa menimbulkan sejumlah masalah pada gigi dan mulut.

Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan behel atau kawat gigi, perlu memperhatikan hal-hal yang bisa mengganggu keberhasilan perawatan.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang terjadi bila merokok bagi para pengguna behel? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Selasa 7 Juni 2022, inilah penjelasannya.

1. Kerusakan Gigi

Bagi yang memakai behel, merokok bisa mengakibatkan penumpukan plak dan karang gigi. Sehingga, membuat gigi mudah mengalami kerusakan.

Selain kerusakan pada gigi, merokok juga dapat menghambat produksi air liur yang bisa memicu berkembangnya bakteri pada jaringan dan tulang gigi.

2. Menghambat Pergerakan Gigi

Merokok dapat mempengaruhi kondisi mulut dan gigi. Untuk itu, menjaga kesehatan di area mulut sangatlah penting.

Gigi dan gusi yang kuat dapat mendukung proses perawatan behel agar berjalan lancar, tetapi merokok bisa menghambat pergerakan gigi dan mempercepat resorpsi tulang alveolar.

3. Gigi Berwarna

Tahukah Anda merokok membuat gigi berwarna kekuningan disertai dengan bintik-bintik hitam? Noda tersebut bahkan sulit untuk dihilangkan.

Jadi, kebiasaan merokok pada kawat gigi akan memiliki warna yang lebih terang, ketimbang permukaan gigi lainnya.

4. Infeksi Gusi

Dampak merokok lama-kelamaan mampu mengiritasi jaringan gusi, dan gigi akan menyusut ataupun terlepas dari rahang Anda.

Adanya penumpukan plak serta karang gigi bisa menimbulkan bakteri. Kemudian, melemahkan jaringan gusi dan tulang rahang.

5. Bau Mulut

Dampak yang terakhir merokok saat memakai behel adalah mengundang bau mulut, akibat dipicu oleh produksi air liur yang sedikit.

Dengan demikian, para pengguna behel harus menjaga kebersihan mulut serta menjauhi kebiasaan merokok.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan