Benarkah Mandi Malam Dapat Sebabkan Rematik? Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Mandi di malam hari setelah beraktivitas atau bekerja akan terasa sangat menyegarkan, namun banyak yang mengatakan akan sebabkan rematik. Apakah mandi malam hari tidak baik dan dapat menyebabkan penyakit rematik?

Menurut ahli kesehatan mengungkap udara dingin dan air dingin adalah faktor utama yang dapat menyebabkan rematik.

Lebih dalam, penyakit rematik ini disebut dengan rheumatoid arthritis (RA) yang termasuk dalam kelompok penyakit autoimun. Kondisi di mana sel-sel pertahanan tubuh menyerang organ tubuh. Dalam kasus rematik, bagian yang lebih banyak di serang adalah persendian.

Keterangan yang tertulis di kominfo.go.id mengungkap, mandi malam hari yang dapat sebabkan rematik hanyalah mitos belaka. Pihak Dokter Spesialis Penyakit dalam dan Konsultan Reumatologi Handono Kalim menegaskan, mandi malam tidak masalah.

Ia mengatakan saat ini belum ada penelitian yang membuktikan sering mandi malam hari dapat menyebabkan rematik. Hanya saja terkadang mandi malam hari dan menggunakan air dingin dapat membuat otot kaku. Hal tersebut lumrah di alami seseorang jika tidak kuat dingin.

Untuk penyakit ini sendiri, lebih banyak menyerang wanita dan pada rentang usia 20-40 tahun. Semakin bertambah usia, resiko munculnya rematik pun ikut meningkat. Hal ini di sebabkan oleh cairan pelumas sendi yang berkurang produksinya sehingga mudah timbul peradangan sendi.

Jika seseorang mengidap penyakit rematik, di sarankan untuk menghindari mandi pada malam hari karena dapat memperparah keluhan nyeri sendi. Dan jika tetap ingin mandi malam, sebaiknya menggunakan air hangat agar nyeri sendi tidak kambuh.

Untuk mandi malam ini memang tidak dapat menyebabkan rematik, namun tetap berbahaya bagi kesehatan. Seperti menyebabkan otot kaku, bisa menyebabkan flu, beresiko terkena bronkitis akut. Selain itu asma pun beresiko kambuh, dapat memicu kejang pada penderita epilepsi dan beresiko mengalami hipotermia.

Namun, penyakit rematik dapat di cegah dengan cara:

  • Olahraga teratur, lakukan dengan rutin agar tulang terhindar dari serangan rematik
  • Kemudian konsumsi sayuran dan buah untuk meringankan rematik
  • Cukup minum air putih yang akan membantu pembentukan 70 persen tulang rawan pada persendian dan dapat membantu melumasi tulang
  • Lakukan pula peregangan yang di barengi dengan pemanasan terlebih dulu
  • Serta berjalan kaki 2 kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kerja otot bagian kaki dan persendian

Tinggalkan Balasan