oleh

7 Makanan yang Mengandung Sumber Kolagen Alami, Apa Saja?

Jabarekspres.com – Anda pasti pernah mendengar kolagen dalam produk skincare dan perawatan kulit lainnya. Namun apa itu kolagen? itu merupakan protein penting yang menyusun kulit, jaringan ikat, tulang dan tendon.

Menurut dr. Saddam Ismail, kolagen tidak hanya bisa Anda dapatkan melalui skincare. Akan tetapi ada juga dari makanan yang mengandung sumber kolagen alami.

Meskipun dari makanan, kolagen tersebut tetap bagus dan bermanfaat untuk tubuh Anda, termasuk untuk kulit.

Bukan hanya untuk kesehatan kulit, kekenyalan kulit dan kelenturan kulit, tetapi juga penting untuk tulang, jaringan ikat dan bagian tubuh lainnya.

Sebagaimana dilansir dari tayangan Youtube dr. Saddam Ismail pada 23 Mei 2022, berikut ini 7 makanan yang mengandung sumber kolagen alami.

Baca Juga:  Manfaat Lidah Buaya untuk Meredakan Jerawat, Serta Cara Penggunaannya

Perlu diketahui, untuk mendapatkan kolagen tidak harus melalui produk skincare saja, ada beberapa makanan yang mengandung sumber kolagen yang tinggi.

1. Ayam

Apakah Anda tahu kalau ayam sering dijadikan suplemen yang mengandung kolagen. Sebagian sumber kolagen dari ayam itu terdapat dari jaring ikatnya, serta tulang rawan ayam.

Ayam mengandung protein dan asam amino sebagai pembentuk kolagen yang lengkap. Jadi, Anda bisa mendapatkan sumber kolagen dari ayam melalui tulang rawan dan juga bagian leher.

2. Ikan

Sama seperti ayam, ikan juga termasuk sumber kolagen alami yang terdapat pada jaringan ikat dan juga tulangnya.

Baca Juga:  Ingin Wajah Awet Muda? Coba Konsumsi 8 Makanan Ini

Bahkan, ikan ini memiliki kolagen yang berkualitas tinggi. Sebagian besar sumber kolagen terdapat di kepala, bola mata dan kulit.

Bagi yang tidak menyukai bagian-bagian di atas, bisa mengonsumsi daging ikannya beserta kulitnya.

3. Kaldu Tulang

Kaldu tulang sering dibuat menjadi sayur sop, bakso, ataupun makanan yang memakai kaldu, sehingga makanan tersebut menjadi enak.

Kaldu tulang terdiri dari kaldu tulang ayam ataupun tulang sapi. Semakin lama Anda merebus tulang akan membuat sumber kolagen semakin banyak.

Sementara itu, kaldu tulang juga kaya akan kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin dan kondroitin.

4. Buah-Buahan Sitrus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.