Sholat Berjamaah Bisa Menjadi Haram karena Hal ini, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Jabarekspres.com – Ternyata ada sholat berjamaah yang bisa menjadi haram tapi hukumnya tetap sah, namanya yaitu sholat ghosob.

Apa itu sholat ghosob? untuk itu mari simak penjelasan Buya Yahya melalui artikel ini.

Melansir dari tayangan YouTube Al-Bahjah TV pada Sabtu 14 Mei 2022, Buya Yahya akan menjelaskan tentang sholat Ghosob yang belum banyak diketahui oleh kita semua.

Menurut Buya Yahya, sholat berjamaah itu bisa menjadi haram, akan tetapi hukumnya tetap sah.

“Ada sholat berjamaah haram, yaitu sholat bagaimana? haram dan sah,” kata Buya Yahya.

Lantas, bagaimana sholat berjamaah bisa haram tapi hukumnya tetap sah?

Buya Yahya menerangkan, ketika Anda tidak mempunyai tempat sendiri, kemudian Anda sholat berjamaah di tanah orang, maka itu bisa membuat sholat berjamaah tersebut menjadi haram.

“Sholat berjamaah, kita ga ada tempat sendiri, kalau sholat sendiri di tempat sendiri ga ada temennya. Tapi bisa sholat berjamaah tapi tanahnya tanah orang,” ungkapnya.

Buya Yahya melanjutkan, bisa jadi karena sebuah keadaan tidak ada tempat untuk Anda berjamaah, ketika melihat ada tempat kosong lalu Anda sholat berjamaah maka sholatnya tetap sah tapi dosa.

“Kalau kita sholat di tanahnya tanah orang, tanah ghosob maka dosa. sholat berjamaahnya tetap sah tapi dosa,” tambahnya.

Ketika Anda sholat di tempat orang lain, jangan sampai mengghosob atau menguasai hati orang lain tanpa izin, sebab sholat disitu hukumnya akan menjadi haram.

“Biarpun itu tempat kosong kalau bukan tempat kita, kita gunakan untuk sholat berjamaah nama sholatnya sholat menggosob, mengghosob adalah menguasai hatinya orang lain tanpa izin, sholat disitu hukumnya haram,” ucapnya.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan