oleh

Apakah Siksa Kubur Bisa Membebaskan dari Siksa Neraka? Ini Jawaban Buya Yahya

Jabarekspres.com – Apa siksa kubur bisa membebaskan dari siksa neraka? pertanyaan tersebut dilayangkan oleh jamaah Buya Yahya dalam kajiannya di YouTube Al-Bahjah TV.

Dalam islam kematian menjadi awal perpindahan dari alam dunia ke alam barzah, roh manusia yang wafat akan tinggal di alam barzah hingga kebangkitan manusia dari kuburnya saat kiamat kelak.

Namun, di alam kubur terdapat siksa bagi muslim yang tidak taat kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, hendaknya seorang muslim senantiasa berlindung dari siksa kubur, dengan cara berdoa setelah tasyahud akhir sebelum salam. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah saw bersabda;

“Apabila seorang di antara kalian bertasyahud, hendaklah ia berlindung kepada Allah dari empat hal (dengan berdoa);

“Ya Allah, aku berlindang kepada-Mu dari siksa Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah hidup dan mati, dan dari keburukan fitnah Dajjal.” (HR. Bukhari)

Lantas, apakah siksa kubur bisa membebaskan dari siksa neraka? melansir dari tayangan YouTube Al-Bahjah TV berikut ini jawaban Buya Yahya.

Buya Yahya menjelaskan, apabila ada orang beriman mendapat siksa di alam kubur, maka dengan izin Allah bisa mengurangi dosa-dosanya selama di dunia. Bahkan, itu juga berlaku ketika mendapatkan siksa di dunia.

“Kalau dia adalah orang yang beriman, maka sesungguhnya tidak ada siksa yang ditimpakan oleh Allah kecuali mengurangi dosanya, bukan di alam barzah saja, di dunia pun demikian,” kata Buya Yahya.

Jika ada orang mendapatkan siksa, sakit dan sebagainya, hal tersebut merupakan bentuk penghapusan dosa yang telah Anda buat.

“Maka kalau ada orang di dunia ko mendapatkan siksa, sakit dan sebagainya. Sebetulnya itu penghapusan dosa,” ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk ahli iman yang mendapatkan siksa di alam barzah, nantinya pada saat di padang mahsyar tidak akan ada lagi dosa yang tampak dalam diri Anda.

“Di alam barzah pun demikian yang mendapatkan asalkan ahli iman ko mendapatkan hukuman siksa itu dihabiskan di alam barzah. Setelah itu kalau sudah ya engga akan tampak lagi di padang mahsyar,” tambahnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga