Gempa Bumi Guncang Sukabumi Tengah Malam Tadi, Terasa Hingga Garut dan Pangandaran

Jabarekspres.com- Telah terjadi gempa bumi pada tengah malam, tepatnya pada pukul 00:01 WIB Selasa (26/4/2022). Diketahui pusat gempa bumi berada di di laut 56 km tenggara Kabupaten Sukabumi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ataub BMKG meneyebut bahwa kekuatan guncangan yang terjadi pada tengah malam tersebut mencapai 4,8 Magnitudo.

Gempa dengan kekuatan Magnitudo tersebut terjadi di koordinat 7.48 Lintang Selatan-106.68 Bujur Timur dengan kedalaman 25 Kilometer.

Menurut analisis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, gempa terjadi dikarenakan adanya aktivitas sesar yang terjadi di dasar laut di bagian Lempeng Eurasia.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar yang terjadi di dasar laut di bagian dari Lempeng Eurasia,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

BMKG menjelaskan, dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Sukabumi dan Cianjur Selatan dengan skala intensitas II-III MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujar Hartanto.

Gempa ini juga dirasakan pula oleh masyarakat di daerah Garut hingga Pangandaran dengan skala intensitas II MMI.

Beberapa masyarakat merasakan getaran gempa tersebut serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hartanto juga menyebutkan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut juga tak ada juga aktivitas gempa susulan.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruhi oleh isu hoax yang tersebar.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan