Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar, Perhatikan Jangan Sampai Terlewat!

Jabarekspres.com– Saat ini kita memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Dimana pada momen ini ada sebuah malam yang Allah berikan keutamaan. Yang mana malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Maka dari itu orang-orang berbondong melaksanakan sholat lailatul qadar untuk bisa medapatkan keutamaannya. Berikut ciri-ciri malam lailatul qadar.

Baiknya pada malam lailatul qadar kita memperbanyak ibadah seperti itikaf di masjid, berdoa, berdzikir, hingga sholat lailatul qadar.

Namun tak ada yang mengetahui dengan pasti kapan jatuhnya 1 malam yang istemewa tersebut.

Tetapi ada beberapa cir-ciri malam lailatul qadar. Berikut ciri-cirinya yang dilansir dari laman Suara.com.

Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar:

  1. Udara Sejuk dan Tenang

Ciri-ciri datangnya malam Lailatul Qadar yang pertama adalah adanya udara dan angin yang tenang. Ciri-ciri ini tercantum dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

“Malam Lailatul qadar adalah malam yang sejuk tidak panas dan tidak dingin, di pagi harinya cahaya mentarinya lembut dan berwarna merah”.

  1. Langit di Malam Terlihat Bersih

Pada malam Lailatul Qadar, langit terlihat bersih, tidak adanya awan, suasana tenang dan sunyi serta tidak adanya panas maupun dingin.

Ciri-ciri malam Lailatul Qadar ini sebagaimana dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Malam lailatul qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak, dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas”. (HR. Ahmad)’

  1. Matahari Terbit dengan Cerah dan Teduh

Pada pagi hari setelah malam Lailatul Qadar, matahari terbit tidak terasa menyengat dan terkesan teduh.

Hal ini sebagaimana “Dari Ubaiy bin Ka’ab, Rasulullah SAW bersabda, ‘Pagi hari dari malam lailatul qadar terbit matahari tidak menyengat bagaikan bejana sampai meninggi.” (HR. Ahmad).

  1. Malam Ganjil di 10 Hari Terakhir Ramadan

Malam yang mulia ini terjadi pada malam ke-21, 23, 25, 27 dan 29. Ibnu Hajar al Asqalani menyebutkan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal ganjil antara tanggal 21 dan 23.

Sementara itu sebagian ulama menyebutkan Lailatul Qadar pada tanggal 27 Ramadan. Meski demikian tidak ada satupun orang yang tahu kapan pastinya malam Lailatul Qadar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan