Profesi Influencer Makin Banyak, Tapi Apa Itu?

Jabarekspres.com – Saat ini teknologi digital semakin berkembang. Dari pesatnya teknologi tersebut mempengaruhi dalam setiap bidang kehidupan, termasuk dalam dunia marketing. Saking pesatnya pengguna internet atau media sosial sebagai penunjang utama, maka bertumbuhlah profesi-profesi baru. Termasuk profesi Influencer yang sangat di butuhkan saat ini dalam bidang marketing.

Secara lebih jauh, Influencer juga di harapkan dapat memengaruhi persepsi dan preferensi masyarakat pada umumnya terhadap suatu brand. Penting untuk di catat bahwa para Influencer bukan hanya dapat di jadikan sebagai alat pemasaran semata. Lebih dari itu, mereka juga merupakan aset social relationship yang dapat di ajak berkolaborasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Nah, mungkin masyarakat tidak asing dengan profesi Influencer yang biasa di kaitkan dengan selebgram atau content creator youtube. Namun sudahkah mengenal lebih dalam mengenai profesi satu ini?

Apa itu profesi Influencer?

Di lansir majoo.id, dalam Hariyanti & Wirapraja, 2018:14, Influencer adalah seseorang atau figur dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan. Hal yang mereka sampaikan dapat memengaruhi perilaku dari pengikutnya.

Jika lebih sederhana lagi, Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh bagi audiensnya untuk melakukan sesuatu. Untuk memperkuat citra brand dalam media digital, menggunakan jasa Influencer merupakan hal yang tepat.

Mengutip dari Marketing Hub, Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan orang lain. Karena, ia memiliki otoritas, pengetahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan publik atau audiens. Biasanya seorang Influencer merupakan bintang Public Figure, Selebritas, Blogger atau Youtuber yang memiliki banyak pengikut di media sosialnya.

Menjadi seorang Influencer sekarang ini merupakan sebuah pilihan karier, bukan lagi sekadar hobi belaka. Tidak heran jika banyak pihak yang mencoba untuk mengkategorikan Influencer guna mengetahui peluang karier terbaik di industri ini.

Lalu, apa saja jenis-jenis Influencer?

Di kutip dari Suara, Profesi Influencer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis kategori tertentu. Kategori yang paling umum di gunakan biasanya akan mengacu pada jumlah followers, jenis konten yang di sajikan, serta tingkat pengaruhnya. Influencer juga dapat dikelompokkan berdasarkan produk yang mereka pasarkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan