Profesi Influencer Makin Banyak, Tapi Apa Itu?

Untuk jenis influencer lainnya yakni berdasarkan dari platform media sosial, antara lain:

  • Blogger

Blogger adalah seseorang yang memiliki dan/atau mengelola sebuah blog. Cukup banyak blog yang digunakan atau difokuskan untuk melakukan ulasan/review tentang suatu produk, Ulasan yang ditulis di sebuah blog bisa lebih lengkap dan panjang, hingga pembaca mendapatkan informasi lebih jelas daripada jika di dapatkan di media sosial lain.

Jika blogger tersebut memiliki pembaca setia cukup banyak, mudah bagi blogger untuk merekomendasikan sebuah produk berdasarkan gaya tulisan dan arahan klien dan menarik minat pembaca untuk mencoba membeli dan menggunakan produk tersebut. Jumlah pembaca sebuah blog berpengaruh terhadap keberhasilan kampanye sebuah produk hingga ke tahap pemasarannya.

  • Influencer Youtube

Lebih di kenal dengan istilah YouTuber, para Influencer yang memiliki pelanggan/subscriber setia ini selalu membuat konten dalam bentuk video tentang sebuah informasi, termasuk ulasan produk. Berbeda dengan blogger yang menulis sebuah informasi atau ulasan produk di sebuah blog, YouTuber mengulas sesuatu dalam bentuk video.

Alasannya adalah karena lebih dari 90% pengguna internet mengenal suatu produk baru melalui video yang di unggah di platform YouTube. Dari sebuah video, para penonton bisa melihat dengan jelas bagaimana gambaran produk yang sedang diulas oleh YouTuber tersebut.

  • Influencer Instagram

Istilah yang lebih akrab atau sering didengar untuk seorang Influencer Instagram adalah selebgram atau selebritas Instagram. Biasanya merujuk pada seorang public figure yang menggunakan platform Instagram untuk merekam aneka kegiatannya, termasuk mengulas sebuah produk.

Instagram terhitung potensial untuk menyasar pasar di Indonesia karena negara kita ini menempati urutan keempat dengan jumlah 59 juta pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Data tersebut bisa menjadi andalan para pemilik bisnis atau perusahaan untuk menggandeng para selebgram atau Influencer Instagram dalam berkampanye atau mempromosikan produk.

  • Influencer TikTok

Tidak jauh berbeda dengan YouTuber dan selebgram, Influencer TikTok atau biasa di sebut creators memiliki fans dan followers setia yang mengikuti setiap konten terbaru muncul di beranda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan