Profesi Influencer Makin Banyak, Tapi Apa Itu?

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis Influencer berdasarkan jumlah pengikut dari media sosial:

  • Nano Influencer

Masih di kutip dari majoo.id, jenis Influencer dengan jangkauan paling kecil adalah Nano Influencer dengan jumlah pengikut 1.000 hingga 10.000 orang. Meski jumlah pengikutnya sedikit, Nano Influencer adalah pilihan populer karena biayanya murah dan menawarkan cukup banyak keuntungan lainnya.

Alasannya adalah karena makin kecil jangkauan Influencer membuat jangkauan target sebuah perusahaan semakin banyak. Bekerja sama dengan Nano Influencer dapat membuat brand mendapatkan keuntungan lain dari komunitas yang menjadi pengikutnya.

  • Micro Influencer

Setingkat di atas Nano, Micro Influencer memiliki jumlah pengikut 10.000 hingga 100.000. Mereka biasanya mendapatkan followers karena memiliki kanal YouTube dengan topik khusus seperti kecantikan, ulasan gawai, traveling, kuliner, atau lainnya.

Karena keahliannya inilah, Micro Influencer bisa mendapatkan pengikut yang setia dan percaya dengan setiap konten yang mereka unggah di media sosial. Biasanya segmen yang dicari dalam menggunakan jasa Micro Influencer adalah usia 18 hingga 24 tahun. Untuk biaya yang harus di keluarkan seorang pebisnis agar bisa bekerja sama dengan Micro Influencer masih tergolong murah dan terjangkau.

  • Macro Influencer

Jenis Influencer ini bisa di sematkan bila sudah memiliki sekitar 100.000 hingga satu juta pengikut. Engagement antara Influencer dan pengikutnya tetap ada, tetapi terlihat kurang kuat. Dengan jumlah followers sebanyak itu, pasti kebutuhan jangkauan pesan yang ingin di sampaikan makin luas dan berdampak pada biaya yang di keluarkan akan lebih besar.

Macro Influencer cenderung memiliki pengikut atau audiens beragam dengan minat bermacam-macam. Mereka rata-rata sangat peduli dengan brand awareness yang di butuhkan klien.

  • Mega Influencer

Influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 1 juta di sebut dengan istilah Mega Influencer. Secara umum, jenis Influencer yang satu ini berprofesi sebagai artis atau orang berpengaruh di masyarakat dengan jangkauan pengaruh dan pengikut secara nasional.

Jumlah followers sangat banyak memungkinkan bagi Influencer menyebarluaskan pesan dalam waktu singkat dengan jangkauan lebih luas. Karena seperti yang sudah umum terlihat di media sosial para Mega Influencer itu adalah status mereka rata-rata selebritas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan