Tips Cegah Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa

Jabarekspres.com – Kesehatan pencernaan harus diperhatikan apalagi saat bulan Ramadan agar bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar.

Para ahli kedokteran sepakat bahwa puasa sejatinya bisa membantu meningkatkan kesehatan. Namun, apabila tidak dijaga dengan baik dapat terjadi gangguan pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gangguan pencernaan yang kerap terjadi saat menjalani ibadah puasa.

1. Sembelit

Sembelit terjadi akibat kurang mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, termasuk air putih, selama bulan puasa.

2. Mual dan Muntah

Mual dan Muntah adalah kondisi yang terjadi ketika habis berbuka lantaran terlalu banyak menyantap hidangan berbuka puasa.

3. Perut Kembung

Perut kembung juga merupakan gangguan pencernaan saat puasa, dan cara mencegahnya yakni makanlah dengan porsi yang cukup, dan pilih asupan yang mengandung tinggi serat.

Untuk mencegah gangguan pencernaan seperti di atas, cobalah beberapa tips berikut ini:

1. Cukupi Asupan Makanan

Memakan makanan dalam porsi yang cukup saat sahur dan berbuka dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mencegah kamu makan berlebih.

Ada baiknya saat berbuka kamu makan dalam porsi kecil tetapi sering. Ini dapat membantu mencegah masalah pencernaan.

Pastikan kamu mengonsumsi campuran karbohidrat, protein, dan lemak yang menyehatkan jantung setiap kali makan.

Hal yang patut dihindari adalah berbaring setelah makan. Khususnya saat sahur sebaiknya jangan langsung tidur. Ini dapat meningkatkan risiko mulas dan mual.

2. Makan Yang Mengandung Banyak Serat

Kamu tentu tahu bahwa serat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan jantung. Namun, serat juga termasuk dalam komponen kunci dalam kesehatan pencernaan.

Mendapatkan serat yang cukup selama berpuasa cukup membantu mencegah masalah pencernaan.

3. Minum Banyak Air

Kecukupan air sangat penting selama berpuasa. Air membantu kesehatan pencernaan dengan membantu membersihkan seluruh sistem. Ini sangat membantu dalam mencegah sembelit karena air membantu melunakkan feses.

Selama berpuasa, usahakan untuk tetap minum sebanyak delapan gelas sehari dan kurangi minuman manis. Sebab, gula tambahan dapat memperburuk masalah pencernaan. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan